Idulfitri 2022

Cara Buat dan Penyajian Sinonggi, Makanan khas Masyarakat Tolaki Sultra, Hidangan Saat Lebaran

ini cara buat dan penyajian sinonggi, makanan khas Sulawesi Tenggara (Sultra), yang berasal dari suku Tolaki.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
(Husni Husein/TribunnewsSultra.com)
cara buat dan penyajian Sinonggi, makanan khas Masyarakat Tolaki di Sulawesi Tenggara (Sultra) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Berikut ini cara buat dan penyajian sinonggi, makanan khas Sulawesi Tenggara (Sultra), yang berasal dari suku Tolaki

Untuk diketahui sinonggi adalah makanan khas Sulawesi Tenggara terbuat dari pati sari sagu, mirip dengan Kapurung bila di Sulawesi Selatan, dan Papeda bila di Kepulauan Maluku.

Walau demikian sinonggi makanan khas Sulawesi Tenggara, memiliki kemiripan bahan, namun ketiga makanan tradisional ini memliki berbeda cara penyajian.

Baca juga: Resep Santap Sahur: Nasi Goreng Seafood Beras Merah, Brokoli Kacang Mete, dan Oncom Tumis Wortel

Selengkapnya, berikut ini pemilik kedai makanan sinonggi di Kota Kendari, Ling ling membagikan tips cara buat sinonggi dan penyajiannya.

Ling ling mengatakan sinonggi sebelum siap saji, sebaiknya disiapkan lebih dahulu sayur, kuah ikan dan lainnya, sebab kata dia sinonggi bakal kurang nikmat bila dihidangkan sudah dingin.

"Karena proses penyajian sinonggi cukup cepat tidak membutuhkan waktu yang begitu lama ketimbang penyajian sayur dan ikannya," kata Ling ling pada Minggu (25/4/2022).

Pati sagu direndam menggunakan air dingin pada wadah selama kurang lebih 10 menit hingga sagu benar-benar duduk merata dalam rendaman.

"Direndam di baskom atau sejenisnya yang memudahkan sagunya duduk terendam merata dan lebih lama sebenarnya lebih bagus tergantung dari berapa banyak diperlukan ," ucapnya.

Baca juga: Resep Puding Pelengkap Menu Buka Puasa: Puding Biskuit Avokad, Buah Segar, dan Kelapa Muda Jeruk

Setelah sagu tampak benar-benar duduk terendam maka airnya dibuang kemudian sagu dicairkan dengan air dingin kembali secukupnya dan disiram menggunakan didihan air panas.

"Proses ini ketika akan diolah menjadi makanan. Air panas disiram pada sagu lalu diaduk-aduk hingga mengental terlihat menyerupai lem," jelasnya.

"Daun kemangi, jeruk purut dan cabe rawit juga bisa ditambahkan saat sinonggi siap dihidangakan untuk menambah harum dan cita rasa Sinongginya lebih nikmat," imbuhnya.

Ling ling juga menyebut, makanan khas berbahan dasar pati sagu ini kerap kali ia jadikan hidangan menu santapan saat perayaan hari Raya Idul Fitri. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved