Berita Sulawesi Tenggara

Ini Jumlah Kapal Dipersiapkan Dishub Sultra di Seluruh Pelabuhan Penyeberangan Jelang Mudik Lebaran

Ini jumlah kapal dipersiapkan Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) di seluruh pelabuhan penyeberangan jelang mudik Lebaran 2022.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
mapio.net
Ini jumlah kapal dipersiapkan Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) di seluruh pelabuhan penyeberangan jelang mudik Lebaran 2022. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ini jumlah kapal dipersiapkan Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) di seluruh pelabuhan penyeberangan jelang mudik Lebaran 2022.

Seperti diketahui, pemerintah akhirnya membuka kembali kebijakan pengetatan mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

Dengan keputusan ini, maka masyarakat kembali bisa melaksanakan mudik setelah dua tahun pemerintah melarang karena pandemi Covid-19.

Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) saat ini melakukan beberapa persiapan menjelang mudik Lebaran 2022.

Misalnya, berkoodinasi dengan instansi terkait atau penyedia jasa transportasi darat yang akan digunakan masyarakat saat mudik.

Baca juga: Dishub Sulawesi Tenggara Prediksi Jumlah Pemudik Lebaran 2022 Lebih Banyak Dibanding Dua Tahun Lalu

Selain itu, pengawasan armada angkutan laut atau kapal yang ada di seluruh jalur pelabuhan penyeberangan.

"Jadi koordinasi dengan penyedia kapal laut seperti ASDP terkait kesiapan kapal feri yang akan digunakan saat mudik nantinya," kata Kadis Perhubungan Sultra, Muhammad Rajulan.

Rajulan menjelaskan, untuk kapal laut atau feri setiap jalur penyeberangan memiliki jumlah armada yang berbeda-beda bergantung pada kepadatan penumpang.

Seperti di Pelabuhan Amolengo-Labuan dipersiapkan dua kapal feri. Kemudian Pelabuhan Baubau dua kapal feri.

"Kalau Tampo-Torobulu itu kami siapkan tiga kapal feri. Sementara Wanci, Tondasi, Mawasangka-Donggala, masing masing satu kapal penyeberangan," urainya.

Baca juga: PT Pelayaran Dharma Indah Siapkan 5 Kapal Cadangan Angkut Penumpang Mudik Lebaran 2022 di Sultra

Selain itu, untuk menjamin kenyamaman dan keselamatan pemudik, Dinas Perhubungan bersama tim memantau arus mudik dan jalur di setiap pelabuhan.

Kemudian, menambah jam operasional atau penambahan trip kapal pada H-7 mudik di pelabuhan penyeberangan jika dipadati pemudik. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved