Breaking News:

Tanggapan Kemenag atas Aksi Pria yang Buang Sesajen Ruwatan Erupsi Semeru: Sengaja Sakiti Hati Warga

Kementerian Agama Kabupaten Lumajang tanggapi aksi oleh pria dalam video viral yang buang dan tendang sesajen ruwatan erupsi semeru.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
Tangkapan layar video twitter @Setiawan3833
Pria yang buang dan tendang sesajen tradisi ruwatan warga di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur, kini diburu polisi hingga tanggapan Kementerian Agama (Kemenag) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Muhammad Muslim, menyesalkan aksi pria dalam video viral yang membuang sesajen tradisi ruwatan erupsi Gunung Semeru.

Muslim menuturkan bahwa aksi tersebut sudah mencederai kerukunan beragama warga Lumajang.

“Kalau itu betul di Lumajang, saya sangat menyesalkan peristiwa itu,” kata Muslim seperti dilansir TribunnewsSultra.com dari Kompas.com.

Menurut Muslim, seharusanya aksi tersebut tak perlu dilakukan sampai direkam video, lantaran dapat menyakiti hati warga setempat.

“Artinya ada tindakan kesengajaan dari dia untuk menimbulkan hal-hal yang tidak kondusif di Lumajang,” tutur Muslim.

Baca juga: Polisi Buru Pria dalam Video Viral yang Buang Sesajen Warga untuk Tradisi Ruwatan Erupsi Semeru

Disebutkannya bahwa, aksi pria tersebut dapat memancing reaksi dari warga terdampak saat sedang pemulihan setelah mengalami bencana.

Muslim mengatkan bahwa seharusnya, warga bertindak lebih bijak dan melihat kondisi masyarakat.

Aksi pria itu sudah mencederai moderasi beragama yang selama ini telah disepakati antartokoh agama di Kabupaten Lumajang.
“Yang saya lihat itu ada di secamam stupa, kalau itu betul berarti (punya) orang Hindu,” sebut Muslim.

Baca juga: Video Viral Sopir Mobil Carry Marah-marah Diduga Tak Terima Disalip, Bawa Besi Pecahkan Kaca Korban

Polisi Buru Pelaku

Pria yang buang dan tendang sesajen tradisi ruwatan warga di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur, kini diburu polisi hingga tanggapan Kementerian Agama (Kemenag).
Pria yang buang dan tendang sesajen tradisi ruwatan warga di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur, kini diburu polisi hingga tanggapan Kementerian Agama (Kemenag). (kolase tangkapan layar video twitter @Setiawan3833)

Sementara itu, AKBP Eka Yekti Hananto Seno selaku Kapolres Lumajang, membenarkan bahwa aksi pria dalam video viral ini dilakukan di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved