Berita Kendari

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir Dinobatkan sebagai Bapak UMKM

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dinobatkan sebagai Bapak UMKM Kota Kendari, bentuk apresiasi pelaku UMKM.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Ketua Kendari Preneur Syarif Maulana 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dinobatkan sebagai Bapak UMKM Kota Kendari, bentuk apresiasi pelaku UMKM.

Ketua Kendari Preneur Syarif Maulana, mengatakan penobatan tersebut sebagai bentuk apresiasi dari para pelaku UMKM di Kota Kendari atas perhatian Wali Kota Kendari.

Penobatan ini berlangsung pada saat penyerahan sertifikasi BNSP kepada 100 mentor pendamping UMKM, di Zahra Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (21/12/2021).

Syarif Maulana mengapresiasi sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tingginya atas political will dilakukan Wali Kota Kendari dan kebijakan anggaran yang berpihak kepada pelaku UMKM.

"Untuk itu izinkan kami atas nama pelaku UMKM menyematkan gelar kepada Wali Kota Kendari sebagai Bapak UMKM Kota Kendari," ujarnya.

Baca juga: Bulog Sultra Kerja Sama Perumda Kendari, Genjot Volume Serapan Beras Petani dan Penyaluran Sembako

Di mana, salah satu kebijakan Pemerintah Kota Kendari untuk mengembangkan pelaku UMKM adalah melalui pendampingan pelaku UMKM di Kendari Preneur.

Kendari Preneur sendiri membangun fokus gerakan kepada dua gerakan utama. Pertama, Kendari Preneur ingin mencetak lapangan pekerjaan seluas-luasnya melalui UMKM.

Kedua, Kendari Preneur ingin membantu pertumbuhan ekonomi bagi Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Mengapa demikian, karena 131 juta lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia, 120 juta lapangan pekerjaan itu disumbang oleh UMKM," jelasnya.

Bahkan, kata dia, berdasarkan data produk domestik bruto di Indonesia, 60 persen dikontribusikan oleh UMKM.

Baca juga: 79 PNS Pemkot Kendari Resmi Dilantik, Sulkarnain Kadir Pesan Jaga Integritas dan Kerja Profesional

"Artinya UMKM adalah tulang punggung negara, oleh karena itu kami menyampaikan karena UMKM adalah tulang punggung perekonomian negara," katanya.

"Sudah sepatutnya mendapat privilege (hak istimewa) mendapatkan perhatian serius dari pemerintah," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan tersebut.

Namun menurutnya, perhatian kepada para pelaku UMKM memang merupakan tanggung jawab dan komitmen Pemerintah Kota Kendari.

"Tapi yang jelas ini tanggung jawab dari Pemerintah Kota Kendari, apa yang kita lakukan ini adalah bentuk tanggung jawab dan komitmen kami," ujarnya.

Baca juga: Warga Keluar Masuk Kendari Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin, Cegah Penularan Covid-19 Saat Libur Nataru

"Kami tidak hanya sekadar memotivasi saja, tapi betul-betul kita menunjukkan jalannya dan mendampingi," kata Sulkarnain Kadir.

Kata dia, dengan harapan kualitas UMKM bisa terstandarisasi dan bersaing, mengakses permodalan, market dan juga membangun kerja sama dengan berbagai pelaku usaha lainnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved