Breaking News:

Berita Kendari

UMP Sulawesi Tenggara 2022 dan UMK Naik, Begini Tanggapan Para Buruh di Kota Kendari

Upah Minimum Provinsi dan Upah Minimum Kabupaten dan Kota mengalami kenaikan, begini komentar para buruh di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
FOTO Ilustrasi: UMK 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Upah Minimum Provinsi dan Upah Minimum Kabupaten dan Kota mengalami kenaikan, begini tanggapan para buruh di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diketahui, upah minimum bagi pekerja pada 2022 mengalami presentase kenaikan rata-rata yakni sebesar 1,09 persen.

Hal tersebut disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menggelar konferensi pers tentang Kebijakan Penetapan Upah Minimum Pekerja 2022 pada 16 November 2021 lalu.

Kebijakan penetapan uah minimum diatur dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan aturan turunannya PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Menanggapi kenaikan UMP dan UMK tersebut, begini tanggapan para buruh di Kota Kendari, Sultra yang dirangkum TribunnewsSultra.com.

Baca juga: UMP Sultra 2022 Naik Rp15 Ribu Jadi Rp2.710.595, Tak Ada Upah Minimum Sektoral di Sulawesi Tenggara

Seorang buruh pabrik air mineral, Taufik (27) mengatakan keputusan kebijakan tersebut merupakan kabar membahagiakan.

Pasalnya, kebijakan tersebut dikeluarkan saat masa pandemi Covid -19. Kendati demikian, gajinya saat ini sudah sesuai dengan penetapan UMP yakni Rp2,7 juta.

"Kabar baik, walaupun memang kalau untuk saya gajinya itu sudah sesuai dengan UMP saat ini dan saya rasa juga gaji segitu sudah sesuai dengan porsi kerja saya," katanya saat ditemui, Senin (22/11/2021).

Senada dengannya, karyawan swasta di gudang pencetakan, Febri (30) mengatakan kabar ini menjadi angin segar dikala kebutuhan pokok terus melambung.

"Alhamdulillah, saya juga dengar kabar itu dan di tempat saya bekerja masih akan menyesuaikan dengan pendapatan produksi," ungkapnya.

Baca juga: Upah Minimum Kota Kendari Dirampungkan Pekan Ini, UMP Sulawesi Tenggara 2022 Rp2.710.595

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved