Breaking News:

Berita Kendari

Belum Naikan UMK Karyawan, Sejumlah Perusahaan di Kota Kendari Tunggu Keputusan Pemkot

Sejumlah perusahaan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) belum menaikan upah minimum karyawan.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
PT Surya Andalan Timur dan PT Sany Perkasa Kendari 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sejumlah perusahaan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) belum menaikan upah minimum karyawan.

Hal tersebut dilakukan karena perusahaan-perusahaan tersebut masih menunggu keputusan Pemerintah Kota Kendari dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian

Salah satu perusahaan di Kota Kendari yang belum menaikan UMK karyawan adalah PT Surya Andalan Timur.

Hal tersebut seperti disampaikan HRD PT Surya Andalan Timur, Fauzan Supriadi. Kata dia, pihaknya masih menunggu keputusan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari.

"Karena kami menunggu keputusan dari pemerintah kota dengan mengikut keputusan Disnaker Perindustrian Kota Kendari, maka untuk saat ini belum ada kenaikan," ucap Fauzan, Senin (22/11/2021).

Baca juga: UMP Sulawesi Tenggara 2022 dan UMK Naik, Begini Tanggapan Para Buruh di Kota Kendari

Lanjut Fauzan, saat ini pihaknya masih menerapkan besaran UMP yang sama pada 2019, karena 2020 pun tak mengalami kenaikan.

"Kami biasanya disampaikan oleh pihak Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian terkait besaran upah minimum, baik itu naik, turun atau tetap," ungkapnya.

Sementara itu, di bidang penjualan alat berat, berdasarkan keterangan dari After Sales Sany Perkasa Sarmin mengatakan jika perusahaan sudah menetapkan lebih dahulu besaran upah untuk karyawan.

"Biasanya naiknya itu secara pribadi (karyawan), langsung antara perusahaan di pusat ke cabang yang ada di beberapa daerah, karena pimpinan kami langsung dari pusat," katanya.

Sehingga, kata dia, pihaknya menentukan upah karyawan berdasarkan keahliannya, agar upahnya tak bergantung kepada upah minimum yang ditetapkan pemerintah, karena biasanya lebih dari itu. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved