Breaking News:

Berita Konawe Utara

6 Peserta CPNS Konawe Utara Didiskualifikasi, BKN Sebut Terindikasi Curang Saat Tes SKD

Pemberitahuan diskualifikasi itu tertuang dalam surat Nomor : 15349/B-KS.04.02/SD/K/2021 Perihal Pemberitahuan Diskualifikasi Peserta Seleksi SKD

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Muhammad Israjab
TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Ilustrasi Ruangan CAT untuk SKD CPNS 2021 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE UTARA - 6 peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil atau tes CPNS 2021 di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara di diskualifikasi.

Pemberitahuan diskualifikasi itu tertuang dalam surat Nomor : 15349/B-KS.04.02/SD/K/2021 Perihal Pemberitahuan Diskualifikasi Peserta Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2021 tertanggal 15 November 2021.

Dimana, Sehubungan telah berakhirnya pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2021, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Berdasarkan pasal 48 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil  Negara, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bertugas untuk mengendalikan seleksi calon Pegawai ASN.

Baca juga: Jadwal SKB CPNS Mulai 15 November 2021, Cek Info Kisi-kisi Materi Tes Ujian dari BKN

2. Untuk melaksanakan mandat tersebut, BKN mengembangkan suatu sistem seleksi penerimaan calon Pegawai ASN menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dan  telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual melalui surat pencatatan ciptaan.

3. Berdasarkan pasal 30 ayat (3) Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik menyebutkan bahwa “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem  Elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan” termasuk kategori perbuatan yang dilarang berdasarkan Undang-Undang tersebut.

4. Pada pelaksanaan SKD CPNS Tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, sistem audit trail dengan fraud detection yang dimiliki BKN  menemukan pola pengerjaan tidak wajar yang dilakukan oleh peserta seleksi CPNS, sebagai mana terjadi di Kabupaten Buol. 

Baca juga: Curang Saat Tes CPNS Di-blacklist BKN? Ini Sanksi dan Cara Melaporkannya

5. Hasil Audit Trail peserta seleksi yang melakukan praktik kecurangan terlampir dan merupakan bagian tidak terpisahkan dari surat ini.

6. Berdasarkan penjelasan di atas, maka peserta seleksi CPNS Tahun 2021 yang terbukti melakukan praktik kecurangan dinyatakan didiskualifikasi dari 
keikutsertaannya pada seleksi penerimaan CPNS Tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara.

Baca juga: Pelaksanaan SKD CPNS 2021 Sultra & PPPK Non-Guru Selesai, BKD Tunggu Keputusan BKN Soal Perangkingan

Untuk diketahui, surat ini juga ditanda tangani langsung secara elektronik oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Negera (BKN), Bima Haria Wibisana.

Selain itu juga terlampir daftar nama-nama peserta yang didiskualifikasi serta laporan audit trail peserta.(*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved