Breaking News:

Hari Pahlawan

Cara GMNI Kendari Peringati 10 November, Refleksikan Hari Pahlawan Lewat Panggung Ekspresi

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kendari menggelar aksi refleksi Hari Pahlawan pada 10 November lewat panggung ekspresi.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kendari menggelar aksi refleksi dengan panggung ekspresi di sekitaran Tugu Eks MTQ, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kendari menggelar aksi refleksi Hari Pahlawan pada 10 November lewat panggung ekspresi.

Koordinator Lapangan, Rasmin Jaya mengatakan aksi ini digelar guna seruan kesadaran kepada seluruh mahasiswa, pemuda, dan masyarakat jika Hari Pahlawan bukan hanya sekadar momentum belaka.

"Melihat perjalanan sejarah bangsa banyak pemuda dan mahasiswa yang melupakan sejarahnya sendiri," katanya saat ditemui di Kendari, Rabu (10/11/2021).

Berdasar pada hal tersebut, GMNI yang tergabung dalam beberapa komisariat se-Kota Kendari menggelar aksi refleksi dengan serangkaian item.

Baca juga: Cara Sat Brimob Polda Sultra Peringati Hari Pahlawan, Upacara, Tabur Bunga di TMP Watubangga Kendari

Di antaranya, panggung ekspresi, orasi, pembacaan puisi, dan teatriakal yang berlangsung di sekitaran Tugu Eks MTQ Kendari.

"Tentu kegiatan ini untuk menarik simpati masyarakat agar bersama-sama ikut dalam aksi momentum Hari Pahlawan ini," terangnya.

Sebelumnya, organisasi merah GMNI Kendari menggelar aksinya di depan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO.

Berdasarkan pantauan TribunnewsSultra.com, sebagian dari mereka tampak mengecat putih badanya dan membawa keranda mayat.

Seusai menggelar aksi orasinya di kedua fakultas Universitas Halu Oleo (UHO) tersebut, GMNI Kendari bergegas menggelar aksinya di perempatan lampu lalu lintas area Pasar Baru Wua-wua.

Baca juga: DEMA IAIN Kendari Aksi Deklarasi, Tuntut Reformasi dalam Birokrasi Kampus, Peringati 10 November

Setelah itu, puluhan masa aksi tersebut melanjutkan orasi dan teatriakalnya di perempatan lampu lalu lintas Tugu Eks MTQ Kendari.

Mewakili nama GMNI Kendari, Rasmin Jaya berharap momentum Hari Pahlawan tak hanya dapat memberikan euforia dan tak diam dalam perayaan hari besar tersebut.

"Ada harapan besar untuk melanjutkan cita-cita para Founding Father kita terkait dengan cita-cita revolusi 17 Agustus 1945," kata dia.

"Bahwasanya pada momentum hari ini banyak persoalan di segala sektor yang belum diselesaikan para pemangku pejabat di negeri kita," tambahnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved