Breaking News:

Hari Sumpah Pemuda

Memahami 3 Ikrar Sumpah Pemuda, Cara LPM Katharsis UHO Kendari Peringati Hari Sumpah Pemuda 2021

Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober beragam aktivitas dilakukan guna mewujudkan aksi nyata dan memahami hari bersejarah tersebut.

Istimewa
Dewan direksi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Katharsis Universitas Halu Oleo (UHO), Juli Mulkian 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober beragam aktivitas dilakukan guna mewujudkan aksi nyata dan memahami hari bersejarah tersebut.

Dewan Direksi Lembaga Pers Mahasiswa atau LPM Katharsis Universitas Halu Oleo (UHO), Juli Mulkian mengatakan para pemuda perlu memahami lebih dulu tiga ikrar sumpah pemuda.

"Ada tanah, bangsa, dan bahasa yang di dasari oleh nama Indonesia, satu maknanya, cintai tiga ikrar itu dengan cara kalian masing-masing," kata Juli Mulkian, Kamis (28/10/2021)

Lanjutnya, salah satu bentuk nyata memahami ikrar sumpah pemuda adalah dengan berkarya bagi Indonesia, apalagi di era digital seperti saat ini.

Ia dan pemuda lainnya juga menyibukkan diri dengan berkarya bersama komunitas yang memperjuangkan hak-hak kaum minoritas.

Baca juga: BEM Unsultra Beri Masukan Menteri Nadiem, Sosialisasi Merdeka Belajar Belum Maksimal, Harus Evaluasi

Juli Mulkian mengatakan dengan tujuan supaya mereka tidak takut lagi hidup di negara Indonesia yang bhineka ini.

"Bicara soal berkarya, banyak bentuk dan cara yang bisa kita lakukan, saya sendiri sekarang sedang fokus bergabung dengan komunitas, kami mengupayakan ruang aman untuk semua kalangan," ujarnya.

Selain berkarya dengan hal seperti itu, ia mengingatkan jika peran pemuda juga penting untuk tetap melestarikan Bahasa Indonesia.

"Jangan pernah malu dengan bahasa kita sendiri, toh di luar negeri sudah ada beberapa negara yang menggunakan bahasa kita sebagai bahasa kedua," bebernya.

Hal itu menurutnya patut dibanggakan, karena berkat usaha-usaha para pemuda untuk memperkenalkan Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: Cara GenBI Sulawesi Tenggara Maknai Hari Sumpah Pemuda 2021, Bantu Pemerintah Perangi Covid-19

Ia berharap semua pemuda Indonesia, harus lekat dengan slogan "Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Berantakan".

Dalam artian mari bersama-sama bergandengan tangan dan berkolaborasi untuk memajukan Indonesia dengan kreativitas masing-masing tanpa harus ada diskriminasi identitas.

"Kita adalah kunci Indonesia ke depannya, ibarat gembok jika tidak ada kuncinya, tidak akan bisa terbuka. Jadi mari kita buka biar makin terkenal tanah, bangsa, dan bahasa kita," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved