Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Gubernur Ali Mazi Diberi Gelar Nugra Jasadarma Pustaloka karena Bangun Perpustakaan Modern di Sultra

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mendapat penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka karena membangun perpustakaan modern di Kota Kendari, Sultra. 

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara (Sultra) 

TRIBUNNEWSSULTRA. COM, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi diberi gelar penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka karena membangun perpustakaan modern di Kota Kendari, Sultra

Seperti diketahui, Ali Mazi membangun perpustakaan modern di Sulawesi Tenggara untuk mendorong minat baca masyarakat Bumi Anoa.

Gedung perpustakaan modern yang dibangun di Jalan Sao-Sao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari ini segera rampung dan akan difungsikan.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengklaim perpustakaan tersebut sebagai salah satu perpustakaan modern bertaraf internasional.

Dibangun di pusat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, menjadikan perpustakaan tersebut mudah untuk diakses masyarakat.

Baca juga: Interior Perpustakaan Moderen Sultra Senilai Rp2,4 Miliar Masih Tahap Lelang

Untuk sarana perpustakaan modern ini dilengkapi dengan jaringan internet on spot untuk memudahkan pengunjung mencari literatur online sebagai pelengkap literatur offline yang telah ada.

Selain sebagai sarana informasi, perpustakaan modern ini sekaligus ruang pamer bagi sekian banyak koleksi budaya dan kesenian yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Untuk diketahui, Nugra Jasadarma Pustaloka merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas).

Penghargaan ini diberikan kepada pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan, literasi, dan minat baca di daerahnya.

Perpustakaan harus adaptif menyerap aplikasi teknologi yang digunakan masyarakat untuk belajar, riset dan informasi di-update agar fleksibel dengan unsur kekinian.

Baca juga: Perpustakaan Moderen Bertaraf Internasional Siapkan 20 Unit Komputer untuk Akses Aplikasi e-Sultra

Konsep perpustakaan modern memungkinkan untuk mengkolaborasikan data, informasi, dan pengetahuan secara silang global.

Selain itu, perpustakaan akan lebih efektif dengan menyediakan sumber literasinya secara online dan menyediakan fasilitas virtual meeting.

Manajemen kepustakaan sebagaimana konsep perpustakaan modern seperti di Uni Emirat Arab, Perpustakaan Universitas Melbourne Australia, dan Perpustakaan Universitas Victoria di Selandia Baru.

Ketiga perpustakaan tersebut telah mengintegrasikan sistem informasi, riset serta juga menyediakan koleksi bukunya secara online. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved