Breaking News:

Hari Pramuka

Hari Pramuka, Mengenang Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sejarah Kepanduan

Mengenang Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX bertepatan Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus 2021.

Editor: Aqsa
handover
Mengenang Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX bertepatan Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus 2021. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Mengenang Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX bertepatan Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus 2021.

Sosok yang terlahir dengan nama Gusti Raden Mas Dorodjatun itu sangat berjasa dalam pembentukan organisasi pramuka di Indonesia.

Diketahui, Hari Pramuka atau singkatan dari Praja Muda Karana kembali diperingati pada Sabtu (14/08/2021).

Sri Sultan Hamengkubuwana IX lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat pada 12 April 1912 dan mangkat dalam usia 76 tahun di Washington, DC, Amerika Serikat (AS).

Semasa hidup, dia adalah sultan di Kesultanan Yogyakarta sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta pertama setelah kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Siapa Baden Powell yang Jadi Bapak Pramuka Dunia dan Asal Usul Gerakan Kepanduan

Sosok yang menjadi penguasa Yogyakarta terlama dalam sejarah yakni 48 tahun tersebut juga pernah menjabat Wakil Presiden Indonesia kedua antara tahun 1973 dan 1978.

Sri Sultan Hamengkubuwana IX juga dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia serta pernah menjadi Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Keterlibatannya putra dari pasangan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan Raden Ajeng Kustilah atau Kanjeng Ratu Alit tersebut dalam Pramuka dimulai sejak masih kanak-kanak.

Dilansir dari buku Sri Sultan HB IX - Bapak Pramuka Indonesia (2018) yang dikutip Kompas.com, dia tercatat menjadi anggota welp (siaga) yang merupakan jenjang kepramukaan terendah (6-11 tahun) pada tahun 1921 di Yogyakarta.

Pada 18 Maret 1940, Sri Sultan Hamengkubuwono IX ditetapkan sebagai Sultan Yogyakarta.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia.
Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia. (handover)

Dia juga merupakan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta pertama setelah Indonesia merdeka.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved