Breaking News:

KKP Gandeng XL Axiata Kembangkan Aplikasi Laut Nusantara, Bantu Nelayan Tangkap Ikan

Aplikasi Laut Nusantara merupakan inovasi digital penangkapan ikan berbasis android.

Tangkapan Layar
Aplikasi Laut Nusantara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Aplikasi Laut Nusantara merupakan inovasi digital penangkapan ikan berbasis android.

Aplikasi ini bisa menunjukkan titik letak keberadaan ikan di laut. Sehingga memudahkan pekerjaan para nelayan.

Saat ini aplikasi tersebut masih terus dikembangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan, melalui Badan Riset dan Observasi Laut atau BROL bersinergi dengan PT XL Axiata.

Kepala Pusat Riset Kelautan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM), I Nyoman Radiarta mengatakan hadirnya aplikasi ini ditujukan sebagai penggerak transformasi budaya nelayan dari mencari ikan menjadi menangkap ikan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Menurutnya, hanya dalam satu genggaman aplikasi, nelayan dapat merencanakan kegiatan penangkapan ikan dengan lebih baik.

Seperti dapat menentukan secara mandiri lokasi penangkapan ikan terdekat, estimasi kebutuhan BBM, dan estimasi harga jual.

Dia menjelaskan dalam aplikasi Laut Nusantara terdapat fitur yang memberikan data riil mengenai cuaca, seperti kecepatan angin dan tinggi gelombang.

Sehingga sebelum turun melaut, nelayan bisa mempertimbangkan kondisi cuaca dan gelombang saat bekerja di laut.

Ia menjelaskan aplikasi ini mengkombinasikan data-data satelit yang dibuat real time setiap hari dan diperbarui datanya sehingga memudahkan nelayan.

Aplikasi ini juga bisa mendeteksi ikan berdasarkan jenisnya, terutama ikan dengan nilai ekonomi tinggi seperti cakalang, tuna mata lebar, tuna sirip kuning, tuna sirip biru, dan albacore.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved