Inovasi KSK-GTS di Kabupaten Konawe, Demi Konawe Gemilang

Wakil Bupati, Gusli Topan Sabara meminta organisasi perangkat daerah di Konawe telaten mengimplementasikan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Laode Ari
Dok.Tribunnewssultra.com/Arman Tosepu
Bupati Konawe, Kerry Saiful Konggoasa. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Sejak dilantik pada 2018 lalu, pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama Gusli Topan Sabara yang berakronim KSK-GTS terus menggenjot inovasi di Kabupaten Konawe.

Wakil Bupati, Gusli Topan Sabara meminta organisasi perangkat daerah di Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telaten mengimplementasikan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

"Jadi, pimpinan OPD itu harus mengerti bagaimana menyusun program. Supaya ada timbal balik (feedback) dari apa yang sudah terlaksana. Itu menjadi bahan evaluasi kami selaku pimpinan daerah di Konawe," ujar Gusli.

Sehingga, kata Gusli, dari evaluasi itu dapat melahirkan program-program unggulan di setiap instansi masing-masing.

Ia juga mendorong visi Konawe gemilang harus diaplikasikan secara inovatif ke dalam rencana strategis yang disusun oleh setiap organisasi perangkat daerah.

"Sukses tidaknya program pembangunan di suatu daerah, bukan hanya karena peran pemimpin daerahnya,” ujar Gusli.

“Namun, ada peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi ujung tombak pelaksanaan visi misi pembangunan di daerah," jelasnya menambahkan.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara (Dok.Tribunnewssultra.com/Arman Tosepu)

Jaga Stabilitas Ekonomi dan Pangan

Duet Kery Saiful Konggoasa - Gusli Topan Sabara yang berlatar belakang politisi ini sadar peran OPD yang begitu penting dalam pembangunan.

Lebih lanjut Gusli menyebut, sebagai contoh, OPD yang mempunyai tugas menjaga stabilitas ekonomi dan pangan di Konawe, harus mencetuskan gagasan program yang bisa membuat kondisi pangan setempat tetap terjaga.

"Lebih bagus lagi kalau bekerja secara teamwork. Menyangkut stabilitas pangan, berarti ada sektor pertaniannya, ketahanan pangan, perikanan, peternakan dan perdagangan. Kalau bekerja kolektif dalam mendukung visi misi KSK-GTS, itukan lebih bagus," jelasnya.

Implementasi di lapangan dengan gencar melakukan edukasi dan sosialisasi sesuai tugas pokok masing-masing OPD, juga diperlukan agar sasaran program tersebut bisa berjalan secara maksimal.

Dengan memahami rencana strategis yang sudah disusun itu, pimpinan OPD harusnya bisa bekerja secara otomatis tanpa perlu terlalu sering bertanya kepada pimpinan daerah.

Menurutya, tanpa perlu diarahkan, pimpinan OPD sudah tahu apa yang harus dikerjakan dalam mendukung ide dan pikiran Bupati dan Wakil Bupati Konawe itu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved