Mata Lokal Memilih

Profil 17 Gubernur Habis Masa Jabatan 2023: Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Ali Mazi, Edy Rahmayadi

Berikut profil 17 gubernur habis masa jabatan 2023, sebanyak 7 kepala daerah provinsi di Indonesia di antaranya berakhir bersamaan.

Editor: Aqsa
kolase foto (handover)
Berikut profil 17 gubernur habis masa jabatan 2023, sebanyak 7 kepala daerah provinsi di Indonesia di antaranya berakhir bersamaan. Untuk akhir masa jabatan (AMJ) kepala daerah yang berakhir bersamaan adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji, Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Berikut profil 17 gubernur habis masa jabatan 2023, sebanyak 7 kepala daerah provinsi di Indonesia di antaranya berakhir bersamaan.

Untuk akhir masa jabatan (AMJ) kepala daerah yang berakhir bersamaan adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Kepala daerah provinsi yang berakhir masa jabatan bersamaan lainnya adalah Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat, dan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji.

Begitupun Gubernur Papua Lukas Enembe yang saat ini berstatus kepala daerah provinsi nonaktif seiring penangkapannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan suap dan gratifikasi.

Selain gubernur yang habis masa jabatan 2023 secara bersamaan tersebut, terdapat pula sejumlah kepala daerah provinsi yang masa jabatannya dipercepat dari tahun 2024 menjadi tahun ini.

Dipersingkatnya akhir masa jabatan mereka seiring pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2024.

Baca juga: Profil Gubernur Sulawesi Tenggara dari Masa ke Masa dan Penjabat Provinsi Sultra, Tersingkat 69 Hari

Mereka adalah Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Kepala daerah provinsi yang juga masa jabatannya diperingkat dari tahun 2024 menjadi tahun 2023 itu adalah Gubernur Maluku Murad Ismail dan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Ghani Kasuba.

Kebijakan pemotongan atau pengurangan masa jabatan itu tersebut tertuang dalam Pasal 201 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (UU Pilkada).

Simak selengkapnya daftar nama Gubernur yang habis masa jabatan 2023 lengkap dengan tanggal akhir masa jabatannya, profil, dan biodata singkat mereka berikut ini:

1. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (masa jabatan 5 September 2018-5 September 2023)

* Lahir: Bandung, Jabar, 4 Oktober 1971 (umur 51)

* Istri: Atalia Praratya

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved