Fakta Kerusuhan PT GNI Morowali Utara, Korban, Kronologi, Penyebab Bentrok Karyawan Smelter Nikel

Fakta kerusuhan PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), jumlah korban 3 tewas, kronologi dan penyebab bentrok karyawan di smelter nikel.

Penulis: Sri Rahayu | Editor: Aqsa
handover
Fakta kerusuhan di smelter nikel PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), jumlah korban 3 tewas, kronologi dan penyebab bentrok karyawan. Detik-detik bentrokan antarkaryawan di kawasan PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) itu terekam dalam video viral TikTok, Twitter, Instagram, hingga Minggu (15/01/2023). Kerusuhan di smelter nikel PT GNI Morowali Utara tersebut sebelumnya terjadi pada Sabtu (14/1/2023) malam. 

TRIBUNNEWSSULRA.COM, PALU - Fakta kerusuhan PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), jumlah korban 3 tewas, kronologi dan penyebab bentrok karyawan di smelter nikel.

Detik-detik bentrokan antarkaryawan di kawasan PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) itu terekam dalam video viral TikTok, Twitter, Instagram, hingga Minggu (15/01/2023).

Kerusuhan di smelter nikel PT GNI Morowali Utara tersebut sebelumnya terjadi pada Sabtu (14/1/2023) malam.

Update terbaru pascabentrok, 3 korban yang di antaranya adalah tenaga kerja asing atau TKA tewas dalam kerusuhan tersebut.

Korban yang meninggal dunia dalam bentrok karyawan tersebut sejauh ini belum diketahui identitasnya.

Aparat kepolisian juga mengamankan sebanyak 69 orang yang diduga adalah provokator bentrok pascakerusuhan tersebut.

Seperti diketahui, PT GNI adalah salah satu perusahaan smelting di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2019.

Baca juga: ‘Tidak Ada Nikel Seharga Nyawa’ Kisah Pilu Nirwana Selle Seleb TikTok Tewas di Smelter Nikel PT GNI

Perusahaan mengoperasikan pabrik smelter nikel di Kelurahan Bunta, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulteng.

PT GNI adalah singkatan dari PT Gunbuster Nickel Industry yang merupakan perusahaan milik pengusaha asal China, Tony Zhou Yuan.

Dikutip dari laman resmi perusahaan, industri smelter nikel tersebut menerapkan proses Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF).

Teknologi dengan mengembangkan 25 jalur produksi dan menghasilkan 1,9 juta Nickel Pig Iron (NPI) per tahun.

Beberapa insiden yang terjadi di PT GNI belakangan ini viral diberbagai platform media sosial (medsos).

Sebelum kerusuhan atau bentrok antarkaryawan yang terjadi pekan ini, viralnya perusahaan ini seiring kematian dua karyawannya karena kecelakaan kerja di area tungku smelter nikel.

Salah satu korban tewas dalam peristiwa yang terekam dalam video viral tersebut adalah seleb TikTok, Nirwana Selle (20), yang bekerja sebagai operator crane.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved