Berita Sulawesi Tenggara

Sosok Eks Dansat Brimob Polda Sultra Kombes Adarma Sinaga yang Bersengketa Bisnis Tambang Nikel

Mantan Dansat Brimob Polda Sultra Kombes Pol Adarma Sinaga, sosoknya kini bersengketa dalam bisnis tambang nikel di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Penulis: Sugi Hartono | Editor: Risno Mawandili
Istimewa
Mantan Dansat Brimob Polda Sultra Kombes Pol Adarma Sinaga, sosoknya kini bersengketa dalam bisnis tambang nikel di Provinsi Sulawesi Tenggara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Mantan Dansat Brimob Polda Sultra Kombes Pol Adarma Sinaga, sosoknya kini bersengketa dalam bisnis tambang nikel di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kombes Adarma bersama Michael Tampubolon digugat perusahaan pertambangan nikel PT Alam Nikel Abadi (ANA), di Pengadilan Negeri (PN) Kendari, Provinsi Sultra.

Gugatan yang mulai didaftarkan untuk berperkara pada 4 Januari 2023 tersebut, terkait dugaan perbuatan melawan hukum dalam perjanjian pembiayaan dan bisnis penjualan bijih nikel ore.

Sebaliknya, mantan Dansat Brimob Polda Sultra itu juga melaporkan mantan Direktur PT ANA, Ruth, ke Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) atas dugaan penggelapan dan penipuan bisnis tambang tersebut.

Baca juga: Eks Dansat Brimob Polda Sulawesi Tenggara Jelaskan Duduk Perkara Gugatan Perusahaan Tambang Nikel

Baca juga: Eks Dansat Brimob Polda Sultra Digugat Perusahaan Tambang Terkait Bisnis Penjualan Bijih Nikel Ore

Lantas siapa sosok Kombes Adarma Sinaga?

Dalam mutasi Polri terbaru pada akhir Desember 2022 lalu, Kombes Adarma kini adalah Analisis Kebijakan Madya Bidang Brimob Korps Brigade Mobile (Korbrimob) Polri.

Kombes Adarma pindah dalam rangka Pendidikan Sekolah Pimpinan Tinggi Polri Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-32 tahun angkatan 2023.

Pergantian tertuang dalam Surat Telegram Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor ST/2776-2777/XII/KEP/2022 tertanggal 23 Desember 2022 lalu.

Dalam ST tersebut, terdapat 744 perwira yang dimutasi termasuk Kombes Adarma yang sebelumnya adalah Komandan Satuan Brigadir Mobil (Dansat Brimob) Polda Sultra.

Selanjutnya, jabatan yang ditinggalkan Kombes Adarma kini diemban Kombes Pol Sugianto Marweki yang sebelumnya merupakan Dosen Utama STIK Lemdiklat Polri.

Kombes Adarma Sinaga diketahui sudah menjabat sebagai Dansat Brimob Polda Sultra sejak Desember 2019 lalu sebelum akhirnya dimutasi ke Korbrimob Polri pada Desember 2022.

Sebelum bertugas di Provinsi Sultra, Kombes Adarma sebelumnya menjabat sebagai Wadansatjibom Pasgegana Korbrimob Polri dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Dia mendapatkan promosi pangkat Kombes Pol saat diangkat menjadi Dansat Brimob Polda Sultra.

Sebelumnya, Kombes Darma juga pernah menjabat sebagai Kaden A hingga Kaden C Satbrimob Polda Sumbar.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved