Kendari Memilih

Hasil Survei Pemilu 2024 di Kendari Sulawesi Tenggara, Elektabilitas Parpol Jika Pileg Hari ini

Berikut hasil survei partai politik (parpol) jelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Aqsa
kolase foto (handover)
Berikut hasil survei partai politik (parpol) jelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Hasil survei terbaru yang dilansir pada Senin (02/01/2022) tersebut merekam potret partai apa yang akan dipilih responden jika Pemilihan Legislatif atau Pileg 2024 digelar hari ini. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Berikut hasil survei partai politik (parpol) jelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hasil survei terbaru yang dilansir pada Senin (02/01/2022) tersebut merekam potret partai apa yang akan dipilih responden jika Pemilihan Legislatif atau Pileg 2024 digelar hari ini.

Elektabilitas atau tingkat keterpilihan parpol teratas jika Pemilu 2024 digelar hari ini di Kota Kendari, Provinsi Sultra, tersebut ditempati Partai Nasdem dan Partai Golkar.

Disusul Partai Keadilan Sejahtera atau PKS serta Partai Amanat Nasional atau PAN.

“Potret elektabilitas partai politik di Kendari masih didominasi oleh partai lama,” kata Direktur Riset dan Data Insert Institute, Reskiyanti N, dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Reskiyanti, keempat partai tersebut yakni Partai Nasdem, Partai Golkar, PKS, dan PAN bisa dipastikan masih memiliki kursi di semua level lembaga legislatif pada Pemilu 2024.

Mulai dari Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR RI, DPRD provinsi hingga DPRD Kota Kendari.

Baca juga: Hasil Survei Elektabilitas Calon Wali Kota di Pilwali Kendari 2024, Sulkarnain, Razak, Siska, Aksan

“Partai-partai baru di Pileg 2024 harus bekerja keras dan maksimal untuk memantaskan bisa meraih simpati atau suara di hari pemilihan nantinya,” jelasnya.

Menurut Reskiyanti, seluruh kegiatan tahapan survei elektabilitas parpol jelang Pemilu 2024 atau Pileg 2024 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, tersebut berlangsung pada 12-21 Desember 2022.

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 440 responden dengan margin error kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Populasi tersebut dipilih secara random (multi stage and stratified random sampling) berbasis TPS disetiap kelurahan di Kota Kendari, Provinsi Sultra.

Warga yang menjadi responden minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat Wawancara, serta bukan anggota TNI/ Polri.

“Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan jumlah surveyor 20 orang,” ujarnya.

Hasil Survei Elektabilitas Parpol

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved