Hari Nusantara di Wakatobi

Presiden Jokowi Buka Hari Nusantara 2022 di Wakatobi, Dihadiri Gubernur se Indonesia

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Tenggara, membuka perayaan Hari Nusantara tahun 2022 di Kabupaten Wakatobi.

Editor: Risno Mawandili
Istimewa
Gaya Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (26/9/2022). Ia kembali dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sultra, membuka perayaan Hari Nusantara tahun 2022 di Kabupaten Wakatobi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Agenda utama Presiden Jokowi di Provinsi Sultra adalah membuka perayaan Hari Nusantara tahun 2022 yang akan berlangsung di Kabupaten Wakatobi.

Perayaan memperingati perwujudan dari Deklarasi Djuanda tersebut, juga akan dihadiri seluruh Kementerian dan Lembaga, BUMN, serta seluruh Gubernur se-Indonesia, Bupati dan Wali Kota serta OPD se-Sulawesi Tenggara.

Bagaimanapun, melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Hari Nusantara sendiri dirakanan pada 13 Desember 2022.

Rutinitas tahunan ini dicetuskan pertama kali oleh Ir H Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957.

Baca juga: Kedatangan Presiden Jokowi, Pemerintah Sulawesi Tenggara Siapkan Dua Hal Ini di Wakatobi dan Kendari

Tahun ini, perayaannya akan bertempat di Marina Togo Mowondu, Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sultra.

Menjelang perayaan meriah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi telah melakukan sejumlah persiapan.

Bupati Wakatobi Haliana mengatakan, terus berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat guna menyambut serta menyukseskan gelaran ini.

"Kita sudah siapkan semua terkait hal yang diberikan kewajiban kepada daerah. Karena dibagi, ada yang dilakukan pusat, provinsi dan daerah (Wakatobi)," ujarnya kepada TribunnewsSultra.com, Senin (5/12/2022).

Pemkab Wakatobi sendiri memiliki tugas khusus yang harus dikerjakan, yakni perlengkapan akomodasi serta transportasi yang akan digunakan oleh tamu undangan.

Tugas lainya dalam gelaran ini akan dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan kementerian terkait.

"Kami menyiapkan akomodasi dan transportasi juga, kami terus berkolaborasi dengan kementerian, provinsi untuk mematangkan persiapan dalam menyambut Hari Nusantara 2022," tutur Haliana.

Politisi PDIP tersebut memastikan, Hari Nusantara 2022 bakal dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved