Berita Kendari

Pemkot Kendari Dinilai Punya Maturitas Pengelolaan Pemerintahan Relatif Baik di Sulawesi Tenggara

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dinilai memiliki maturitas pengelolaan pemerintahan yang relatif baik di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Mukhtar Kamal | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dinilai memiliki maturitas pengelolaan pemerintahan yang relatif baik di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal tersebut disampaikan Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari, Rabu (7/12/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA, KENDARI - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dinilai memiliki maturitas pengelolaan pemerintahan yang relatif baik di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut disampaikan Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari, Rabu (7/12/2022).

Berdasarkan skor Monitoring Centre for Prevention (MCP) 2021, Kota Kendari mendapatkan skor cukup tinggi yaitu 91,71 persen dan merupakan yang tertinggi di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Seperti diketahui, MCP merupakan tools dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik.

Sementara skor Survei Penilaian Integritas (SPI) pada tahun 2021, Kota Kendari mendapat nilai tertinggi di Sulawesi Taenggara.

Baca juga: Pemkot Kendari Bakal Revisi RTRW, Perbaiki Tata Kelola Kota hingga Lokasi Pertambangan

SPI sendiri merupakan suatu penilaian integritas dari suatu lembaga yang merupakan amanah dari RPJMN 2020-2024.

Penilaian SPI ini didapat melalui responden berasal dari internal Pemerintah Kota Kendari, kemudian pihak eksternal yang merupakan masyarakat umum penerima layanan, dan instansi terkait.

Lalu, dari penilaan tersebut, Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK menilai sejauh ini tata kelola pemerintahan di Kota Kendari cukup baik.

"Pemkot Kendari termasuk memiliki maturitas pengelolaan pemerintahan yang relatif baik di Sultra,” kata perwakilan Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK saat menyampaikan sambutan.

Hari Anti Korupsi Sedunia 2022, KPK mengangkat tema Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi, bentuk harapan pemberantasan korupsi bisa dilakukan.

Baca juga: Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu Wanti-wanti Bawahannya Tak Korupsi, Ingatkan Hal Ini

Diharapkan semua elemen mulai dari pemerintah hingga masyarakat bahu-membahu dan berkolaborasi untuk memberantas korupsi. (*)

(TribunnewsSultra.com/Mukhtar Kamal)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved