Berita Kendari

Imbauan BMKG Soal Gempa Bumi 4,0 Skala Richter Guncang Kendari Berpusat di Konawe Sulawesi Tenggara

Imbauan BMKG soal gempa bumi terkini berkekuatan magnitudo 4,0 skala richter (SR) guncang Kendari berpusat di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Sri Rahayu | Editor: Aqsa
handover
Imbauan BMKG soal gempa bumi terkini berkekuatan magnitudo 4,0 skala richter (SR) guncang Kendari berpusat di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Gempa bumi tersebut mengguncang ibu kota Provinsi Sultra pada Kamis (1/12/2022). Getaran gempa terkini 4,0 SR yang dirasakan warga Kota Kendari tersebut berpusat di barat laut Soropia, Kabupaten Konawe. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Imbauan BMKG soal gempa bumi terkini berkekuatan magnitudo 4,0 skala richter (SR) guncang Kendari berpusat di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Gempa bumi tersebut mengguncang ibu kota Provinsi Sultra pada Kamis (1/12/2022).

Getaran gempa terkini 4,0 SR yang dirasakan warga Kota Kendari tersebut berpusat di barat laut Soropia, Kabupaten Konawe.

Simak selengkapnya keterangan resmi yang dilansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dikutip TribunnewsSultra.com.

Keterangan resmi BMKG tersebut dilansir Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, berikut ini:

1. Kejadian dan Parameter Gempa Bumi

Hari Kamis, 01 Desember 2022, pukul 10:15:37 WITA, wilayah Soropia, Kabupaten Konawe diguncang gempa bumi tektonik.

Baca juga: Gempa Bumi Terkini Kendari Sulawesi Tenggara Berpusat di Konawe Sultra, BMKG Sebut Magnitudo 4,0 SR

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan M=4.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.86 LS, 122.66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 5.5 km, BaratLaut Soropia, Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

2. Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo di BaratLaut Soropia, Kab. Konawe.

3. Dampak Gempa Bumi

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Konawe dan Kendari IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Konawe Selatan III-IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved