Berita Sulawesi Tenggara

Gubernur Sultra Ali Mazi Pastikan Wings Air Bakal Kembali Beroperasi di Wakatobi Sulawesi Tenggara

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengupayakan penerbangan menuju dan dari Wakatobi kembali beroperasi.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan pemerintah terus melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait, agar Wings Air kembali beroperasi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengupayakan penerbangan menuju dan dari Wakatobi kembali beroperasi.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Wings Air resmi menutup rute penerbangan Kendari-Wakatobi begitupun Wakatobi-Kendari sejak 8 Juli 2022.

Namun, kali ini berdasarkan salinan surat Direktur Utama Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro Adi yang diperoleh TribunnewsSultra.com pada Rabu (23/11/2022) penerbangan kembali beroperasi.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan pemerintah terus melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait, agar Wings Air kembali beroperasi.

Pemerintah Provinsi Sultra sedang mengusahakan pada 10 Desember 2022 mendatang semua sudah kembali beroperasi.

Baca juga: Wings Air Operasikan Kembali Rute Penerbangan Wakatobi Sulawesi Tenggara Mulai 10 Desember 2022

"Jika saya pergi ke Jakarta, nantinya saya akan bertemu kembali dengan pihak maskapai Lion Air Group untuk meminta kepastiannya," tuturnya, Kamis (24/11/2022).

Hal tersebut diupayakan karena penerbangan ini sangat dibutuhkan baik dalam negeri maupun wisatawan yang hendak berkunjung ke Wakatobi.

Ali Mazi mengatakan pemerintah bakal menghitung subsidi per porsinya jika ada kursi kosong dalam penerbangan menuju Wakatobi.

Nantinya, Pemprov Sultra, Pemkab Wakatobi, dan juga Pemkot Baubau akan berkolaborasi untuk memberikan subsidi pada penerbangan Wakatobi.

"Diharapkan transportasi ini bisa berjalan kembali di Wakatobi, Sulawesi Tenggara," pungkas Gubernur Sultra.

Baca juga: Rute Penerbangan Wings Air ke Wakatobi Belum Beroperasi, Dishub Sulawesi Tenggara Ungkap Penyebabnya

Bakal Beroperasi Kembali

Rute penerbangan ke Bandar Udara Matahora di Pulau Wangi-wangi, Kecamatan Wangi-wangi, Provinsi Sultra direncanakan dibuka kembali mulai 10 Desember 2022 mendatang.

Rencana pengoperasian kembali rute Wakatobi tertuang dalam salinan surat Direktur Utama Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro Adi yang diperoleh TribunnewsSultra.com pada Rabu (23/11/2022).

Surat tertanggal 21 November 2022 itu ditujukan kepada Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan atau Kemenhub RI.

"Pengoperasian kembali rute Wakatobi,” tulis perihal surat yang ditandatangani Capt Daniel dengan stempel Wings Air tersebut.

Baca juga: Pemprov Sultra Siapkan Subsidi Operasional Wings Air, Penerbangan ke Wakatobi Dibuka 1 Oktober 2022

Suratnya menyebutkan rencana ini merujuk pada Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tertanggal 18 November 2022 perihal dukungan penerbangan Hari Nusantara Tahun 2022.

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas dengan ini kami sampaikan bahwa PT Wings Air berencana mengoperasikan kembali rute penerbangan dari dan ke Bandara Matahora Wakatobi,” tulisnya.

Dalam surat tersebut juga disebutkan armada penerbangan untuk rute ini tetap menggunakan pesawat ATR. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved