Berita Kendari

Pemerintah Kota Apresiasi Kinerja Perumda Kendari Jadi Salah Satu Penyumbang Pendapatan Asli Daerah

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengapresiasi kinerja Perusahaan Umum Daerah (Perumda) menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani
Dewan Pengawas Perumda Kota Kendari, Agus Salim. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengapresiasi kinerja Perusahaan Umum Daerah (Perumda) menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dewan Pengawas Perumda Kota Kendari Agus Salim mengatakan pada usia kesatu tahun, Perumda mampu menunjukkan eksistensinya menghadirkan berbagai divisi usaha.

Hal itu disampaikan saat menghadiri HUT Perumda Kota Kendari di Tambat Labuh Anjungan Teluk Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (11/10/2022).

Ia mengatakan Perumda tersebut didirikan berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2021 dengan tujuan untuk memberikan kebermanfaatan umum bagi kesejahteraan masyarakat.

Agus Salim menjelaskan kinerja Perumda telah berjalan lebih tinggi 50 persen dalam kurun waktu satu tahun tersebut.

Baca juga: Karyawan Perumda Kota Kendari Sulawesi Tenggara Dilatih Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan

"Perumda ini kan baru satu tahun ibaratnya bayi yang baru belajar merangkak, berdiri, dan berjalan," jelas Agus Salim.

"Tapi ternyata pada usia satu tahun ini Perumda sudah menunjukkan kinerja yang sangat baik. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih berkembang lagi," tambahnya.

Kata dia, ada tiga misi yang diemban Perumda yang menjadikannya konsisten di antaranya memberikan layanan kepada masyarakat secara umum.

Kemudian, meningkatkan perekonomian daerah, serta memberikan kontribusi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Kendari.

Agus Salim berpesan agar kemitraan antara Perumda dengan badan usaha lainnya terus ditingkatkan ke depannya, karena jika hanya berjalan sendiri maka perkembangan yang didapatkan akan lambat.

Baca juga: Pj Wali Kota Kendari Kunjungi Instansi Pemerintahan, Jalin Koordinasi Lanjutkan Rencana Pembangunan

"Jika ada bentuk kerja sama yang dilakukan dengan pihak lain, baik itu dengan perbankan ataupun yang lainnya, itu bisa melebarkan sayap untuk lebih maju," jelasnya.

Direktur Perumda Kendari, Munir Madjid, mengatakan usia Perumda yang genap satu tahun, membuat Perumda konsisten berkontribusi kepada Pemerintah Kota Kendari dengan memberikan PAD.

"Kontribusi yang kami berikan tentu dalam bentuk PAD, karena ini adalah salah satu tujuan agar Perumda bisa menyetorkan PAD ke Pemerintah Kota Kendari," ujarnya.

Hingga saat ini, kata dia, Perumda Kota Kendari membawahi delapan divisi usaha milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Kendari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved