Berita Kendari

TP PKK Pusat Kunker di Kendari, Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi Keluarga

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat kunjungan kerja di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat kunjungan kerja di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kali ini kunjungan kerja berlangsung di Kantor Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu pada Kamis (6/10/22). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat kunjungan kerja di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung pelaksanaan program Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi Keluarga (GELARI PELANGI).

Sebelumnya, TP PKK Pusat dan TP PKK Kota Kendari mengunjungi Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari, Provinsi Sultra pada Rabu (5/10/2022).

Kali ini kunjungan kerja berlangsung di Kantor Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu pada Kamis (6/10/22).

Kepala Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP PKK Pusat, Ninuk Triyanti Zudan mengatakan kunker ini untuk merefleksi kegiatan pokok PKK yang dilaksanakan TP PKK Kota Kendari.

Baca juga: Kain Batik Singi Lestari Milik Pemkot Kendari Mentas di Ajang Jambore PKK Sulawesi Tenggara 2022

Menurutnya program pokok PKK sangat luar biasa. Di mana kegiatan pokok tersebut terdiri dari gerakan gemar membaca, taman baca, gerakan pemberdayaan ekonomi yang hasilnya berasal dari UMKM PKK.

"Ada juga banyak lokasi seperti pekarangan yang asri, itu merupakan bagian program kelompok kerja tiga dan juga banyak program posyandu untuk penurunan angka stunting," jelasnya.

Ninuk Triyanti Zudan juga menambahkan ini merupakan pembinaan dari TP PKK Pusat se-Sulawesi Tenggara.

"Diawali kegiatan kemarin, dan besok ada rapat konsultasi se-Indonesia yang dipusatkan di Kota Kendari," tutupnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan kunjungan kerja bisa memotivasi bagi PKK untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas agar berperan lebih bagus di tengah masyarakat.

Baca juga: Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Minta Pemkot Beri Ruang untuk Wujudkan Kota Layak Anak

Ia berharap TP PKK di Kota Kendari punya kapasitas, kemampuan dan meningkatkan keterampilan, sehingga nanti bisa mendukung peran pemerintah.

Sementara Ketua TP PKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain mengatakan kegiatan GELARI PELANGI merupakan program kerja dari kelompok kerja dua.

Ia melanjutkan dalam program kerja tersebut, terdapat lima poin di dalamnya, sementara Kota Kendari bisa merealisasikan hingga tiga poin dari kelimanya.

"Rumah Dilan di Purirano ada dua, terus ada Toko PKK, satu di Kelurahan Mokoau, serta kampung mandiri, di mana satu komunitas itu mengelola sumber daya alam yang ada di sekitarnya," jelasnya.

"Alhamdulillah kita bisa merealisasikan tiga hal. Dari seluruh Indonesia, Sulawesi Tenggara menjadi yang kedua dan Kota Kendari yang pertama di Indonesia Timur," bebernya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved