Berita Buton Utara

Sungai Wantulasi di Buton Utara Meluap hingga Merendam Rumah Warga di Butur Sulawesi Tenggara

Sejumlah rumah warga di Desa Wantulasi, Kecamatan Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir.

Istimewa
Sejumlah rumah warga di Desa Wantulasi, Kecamatan Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir, Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BUTUR - Sejumlah rumah warga di Desa Wantulasi, Kecamatan Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Butur, Firdaus Jamaluddin menjelaskan, banjir ini terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi dan disertai air pasang laut, Kamis (22/9/2022).

"Hujannya dengan intensitas tinggi yang disertai air pasang laut dan air Sungai Wantulasi meluap," ucapnya saat dikonfirmasi TribunnewsSultra.com via WhatsApp.

Ia mengatakan, banjir yang terjadi sekitar pukul 11.30 Wita hingga 15.00 Wita merendam rumah warga dengan ketinggian air sekitar satu meter.

Kata dia, akibatnya sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) di Desa Wantulasi, Kecamatan Wakorumba Utara terkena dampak dari peristiwa tersebut.

Baca juga: Lumpur Penuhi Ruas Jalan dan Rumah Makan di Kendari Sulawesi Tenggara Usai Diguyur Hujan

Firdaus menuturkan, saat itu pihaknya telah melakukan upaya penyelamatan dan mengevakuasi warga yang terkena dampar banjir.

"Kami juga sudah melakukan upaya penyelamatan dan evakuasi harta benda korban terdampak serta berkoordinasi dengan instansi terkait," jelasnya.

Untuk kondisi saat ini, cuaca di lokasi mendung dan air yang merendam sejumlah rumah sudah mulai surut.

"Untuk saat ini juga kami hanya memiliki kendala terkait logistik yang sangat terbatas," ujar Firdaus Jamaluddin. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muhammad Abiddin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved