Berita Kendari

Peluang Penghapusan Tenaga Honorer 2023 Batal, Ini Tanggapan Pemkot Kendari Sulkarnain Kadir

Menurut Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan bahwa pembahasan tenaga honorer ini menurutnya masih menjadi perdebatan.

(Amelda Devi Indriyani/TribunnewsSultra.com)
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menanggapi terkait batalnya penghapusan tenaga honorer 2023. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kebijakan Kemenpan-RB terkait penghapusan tenaga honorer di 2023 berpeluang dibatalkan.

Peluang tersebut dibuka Menpan-RB Abdullah Azwar, lantaran menguatnya penolakan dari pemerintah daerah, dalam rapat bersama Komite I DPD RI beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan pembahasan tenaga honorer ini menurutnya masih menjadi perdebatan.

Sebab ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan jika tenaga honorer benar-benar dihapuskan.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Konut Sultra Buka Penerimaan PPPK Guru, 219 Orang Dibutuhkan

"Jadi memang sebenarnya ini masih perdebatan, mudah-mudahan dengan Kemenpan-RB yang baru ini bisa dituntaskan betul, karena informasi yang didapatkan dari awal memang tidak ada penghapusan honorer," jelasnya.

Sulkarnain Kadir mengaku, pemerintah daerah sebenarnya tidak menolak pengangkatan tenaga honorer menjadi tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hanya saja, menurutnya yang menjadi permasalahan adalah terkait pengganjian bagi tenaga PPPK tersebut, pasalnya jika pengganjian diberatkan ke pemerintah daerah, maka itu akan terasa sulit.

"Pemerintah ingin tenaga honorer yang ada selama ini dikontrak menjadi P3K, hanya problemnya pertanyaan paling mendasar siapa yang membiayai gajinya? bersumber dari mana? Itu menjadi krusialnya," bebernya.

Baca juga: Konawe Dapat Kuota Penerimaan PPPK 2022, Tak Berkaitan Pengumpulan Berkas K2 dan Honorer

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan sepakat dengan rencana atau peluang pemerintah pusat membatalkan penghapusan tenaga honorer 2023 tersebut.

"Jika benar penghapusan tenaga honorer pada tahun 2023 dibatalkan, saya kira akan banyak masyarakat yang melakukan syukuran" ucapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved