Berita Baubau

2 Pemuda Pelopor Asal Baubau Sultra Jadi Finalis Wakili Sulawesi Tenggara ke Tingkat Nasional

Muhammad Rais Akbar (23) dan Wa Ode Mutmainah asal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil lolos menjadi finalis Pemuda Pelopor.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, Arief Budianto Gavoer. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Muhammad Rais Akbar (23) dan Wa Ode Mutmainah asal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil lolos menjadi finalis Pemuda Pelopor.

Keduanya berhasil lolos ke tingkat nasional setelah mengungguli lima Pemuda Pelopor yang diseleksi langsung dari tim Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Agustus 2022.

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, Arief Budianto Gavoer menyebut awalnya lima Pemuda Pelopor asal Kota Baubau mewakili Sultra mengikuti seleksi tingkat nasional.

Ia menerangkan, dalam pemilihan Pemuda Pelopor ini mempunyai beberapa tahapan, mulai dari seleksi tingkat kota, provinsi dan nasional, sehingga lima Pemuda Pelopor ini lolos mewakili Sultra.

"Untuk tingkat Baubau kita sudah selenggarakan sekitar Mei 2022, kemudian setelah seleksi tingkat provinsi pada Juni dan Juli," ujarnya Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Tiga Atlet Dayung Sulawesi Tenggara Bakal Bela Provinsi Lain Usai Ukir Prestasi di SEA Games 2022

"Jadi alhamdulillah kita terpilih lima orang masing-masing meraih juara pertama di masing-masing bidang yang ada," ujarnya menambahkan.

Arief menyebutkan, Pemuda Pelopor memiliki lima bidang, yaitu bidang pendidikan, sosial, agama dan budaya, lingkungan dan pariwisata, pangan serta inovasi dan teknologi.

Kata dia, pada Agustus 2022, tim seleksi dari Kemenpora ke Kota Baubau untuk melakukan penilaian lapangan atau fact finding, setelah menilai ternyata terbukti benar dan sangat baik.

"Jadi sebenarnya ada lima, tapi satu orang sakit sehingga yang mengikuti seleksi hanya empat orang saja," jelasnya.

"Sehingga dari empat orang itu yang lolos menjadi finalis hanya dua orang dan akan ke Jakarta pada 3-6 Oktober 2022," terangnya.

Baca juga: Tiga Mahasiswi Universitas Muslim Buton Dapat Beasiswa usai Raih Prestasi Tingkat Nasional

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved