UHO Kendari

Dosen dan Mahasiswa UHO Kendari Investasi Tanaman Hias dan Bisa Dikonsumsi di Nelombu Kolaka Timur

Sejumlah mahasiswa dan dosen Universitas Halu Oleo Kendari menginvestasikan tanaman edible dan ornamental landscape ke masyarakat di Kolaka Timur.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Sejumlah mahasiswa dan dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menginvestasikan tanaman edible dan ornamental landscape ke masyarakat di Kolaka Timur. Kreativitas dosen dan sejumlah mahasiswa UHO ini berlangsung di Desa Nelombu, Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sejumlah mahasiswa dan dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menginvestasikan tanaman edible dan ornamental landscape ke masyarakat di Kolaka Timur.

Kreativitas dosen dan sejumlah mahasiswa UHO ini berlangsung di Desa Nelombu, Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sebagai dosen pembimbing, Nurgiantoro mengatakan aksi ini merupakan bentuk kepedulian akademisi terhadap pengurangan risiko bencana akibat dari perubahan iklim.

Dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITK) UHO ini menyebut terlebih kini isu kenaikan suhu bumi yang semakin nyata, tetapi kurangnya kesadaran masyarakat soal hal tersebut.

"Saya bersama sejumlah mahasiswa UHO tergabung dalam program KKN beserta beberapa kelompok masyarakat melakukan penanaman tanaman edible," katanya pada Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Mahasiswa KKN UHO Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Konawe, Target Warga Lansia

"Jadi aksi ini adalah bentuk kepedulian kami yang fokus terhadap pengurangan risiko bencana akibat dari perubahan iklim, khususnya pada isu kenaikan suhu bumi," sambungnya.

Nurgiantoro yang memfokuskan penelitiannya pada isu kenyamanan termal menambahkan sebanyak 53 bibit tanaman jenis edible landscape dan ornamental landscape diserahkan kepada masyarakat.

"Jadi tanaman yang terdiri dari jenis edible landscape dan ornamental landscape telah kami berikan kepada masyarakat desa setempat untuk mereka miliki," tuturnya.

"Kami bersyukur masyarakat Desa Nelombu sangat antusias dengan program ini, kendati yang diinvestasikan tidaklah banyak hanya puluhan bibit," tambahnya.

Namun, Nurgiantoro mengungkapkan semangat untuk mengampanyekan penurunan suhu panas dan ikhtiar dalam menciptakan zona kenyamanan termal adalah tujuan besarnya.

Baca juga: Cara Mahasiswa KKN Tematik UHO Promosikan Dermaga Pelangi dan Air Terjun Soropia, Intip Keindahannya

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved