Berita Kendari

HIV AIDS di Kendari Sulawesi Tenggara Meningkat, Dinas Kesehatan Temukan 19 Kasus Baru

Kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara meningkat pada Agustus 2022.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Ellfi mengatakan kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meningkat pada Agustus 2022. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meningkat pada Agustus 2022.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Ellfi mengatakan tercatat sebanyak 19 kasus baru HIV AIDS di antaranya 18 orang laki-laki dan 1 perempuan.

Di mana, data Dinas Kesehatan sebelumnya mencatat sebanyak 152 kasus HIV AIDS sejak Januari hingga Juli 2022.

Kata dia, dengan adanya penambahan 19 kasus tersebut, maka dari Januari hingga Agustus 2022 menjadi 171 kasus.

"Untuk kasus HIV AIDS sepanjang tahun 2022 dari Januari hingga Agustus tercatat sebanyak 171 kasus," ungkap Ellfi di ruang kerjanya, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Warga Kendari Keluhkan Drainase Tersumbat, Air Comberan Meluber ke Jalan Timbulkan Bau Tak Sedap

Menurutnya, kenaikan jumlah kasus HIV AIDS tidak lepas dari seiring terbukanya tempat hiburan malam (THM).

Sehingga hal tersebut yang menyebabkan aktivitas (berhubungan intim sebagai media penularan) diperbolehkan.

Sebagai langkah antisipasinya, rutin dilakukan pemeriksaan, pendeteksian dini secara mobile, maupaun bagi pekerja memiliki gejala atau indikasi dengan kesadaran diri datang ke pusat pelayanan kesehatan.

Ia menyebutkan beberapa hal yang bisa menularkan atau menjadi media penularan HIV AIDS di antaranya tidak berperilaku hidup sehat, melalui jarum suntik dan hubungan seksual bebas. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved