Berita Kendari

Harapan Sembuh Putri Alexa, Bocah Penderita Hidrosefalus Sejak Usia 2 Bulan di Kendari Sultra

Inilah harapan sembuh Putri Alexa, bocah berusia empat tahun penderita hidrosefalus di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Ningsih Sarmila, ibu dari Putri Alexa mengatakan awal mula dirinya mengetahui kejanggalan penyakit diderita sang putri sulung sejak usia dua bulan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Inilah harapan sembuh Putri Alexa, bocah berusia empat tahun penderita hidrosefalus di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ningsih Sarmila, ibu dari Putri Alexa mengatakan awal mula dirinya mengetahui kejanggalan penyakit diderita sang putri sulung sejak usia dua bulan.

Kata dia, saat itu pembengkakan pada bagian kepala sang buah hati mulai nampak dan kian bertambah besar.

"Sejak usia dua bulan. Memang sejak lahir suka rewel yang disertai dengan demam tinggi dan suka muntah," katanya ditemui di kediamannya, pada Senin (19/9/2022).

Namun, kala itu tindakan medis belum dilakukan, melainkan pengobatan secara tradisional yang diterapkan.

Baca juga: Muhammad Rifai, Bocah Yatim Usia 5 Tahun Penderita Infeksi Paru-paru asal Abelisawah Konawe

"Iya karena dari orang tua di kampung saat itu mengira sakit yang biasa pada anak seusianya. Nanti barulah ke puskesmas kami diimbau untuk check up lebih lanjut," ujarnya.

Putri Alexa telah menjalani operasi pertamanya di salah satu rumah sakit di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tahun 2021 lalu.

"Jadi saat dilakukan operasi pada 2021, dokter bilang kalau tindakan operasi dilakukan sejak usia empat bulan kemungkinan kondisi Putri Alexa tidak seperti ini," tuturnya.

Putri Alexa harus bertahan hidup dengan selang yang menancap pada tubuhnya seumur hidup dan harus rutin kontrol tiap dua atau tiga bulan sekali.

"Jadi dari jam 10 pagi sampai 8 malam, Putri Alexa biasanya tidur, nanti malam baru rewel tidak bisa tidur. Saya sama suami ganti-gantian begadang untuk merawat," ujarnya.

Baca juga: Sekda Kota Kendari Ajak Masyarakat Lawan Penyakit Tidak Menular dengan Gerakan Hidup Sehat

Untuk diketahui, Putri Alexa merupakan anak pertama dari dua bersaudara yang lahir di Kontumer, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna, Sultra pada 14 Oktober 2018.

Orang tua Putri Alexa pun hanya berpasrah diri kepada sang khaliq untuk kesembuhan sang putri dan hidup normal seperti anak lain seusianya.

Apalagi terlahir di lingkungan keluarga yang kurang mampu, orang tua Putri Alexa hanya dapat meminta belas kasih uluran tangan untuk pengobatan sang anak. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved