Berita Sulawesi Tenggara

Pemprov Sulawesi Tenggara Rencana Beli Pesawat Guna Mudahkan Konektivitas Antardaerah di Sultra

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Muhammad Rajulan mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) berencana membeli pesawat.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Rajulan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Muhammad Rajulan mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) berencana membeli pesawat.

Muhammad Rajulan menjelaskan rencana Pemprov Sultra membeli pesawat untuk membantu kelancaran penerbangan antardaerah.

Ia mengatakan, meski pembelian pesawat ini baru sebatas wacana Gubernur, tetapi hal tersebut bisa terealisasi jika melihat penerbangan domestik dengan maskapai yang ada belum berjalan optimal.

"Itu melihat fenomena yang ada karena maskapai Wings Air hanya sendiri melayani rute penerbangan ke Wakatobi," ucap Rajulan saat dikonfirmasi via telepon, Minggu (18/9/2022).

Muhammad Rajulan menjelaskan, wacana menyediakan pesawat ini untuk membantu operasional penerbangan yang melayani rute penerbangan antardaerah di Sultra.

Baca juga: Pemprov Sultra Mau Beli Pesawat untuk Penerbangan Sulawesi Tenggara, Gubernur Pastikan Rute Wakatobi

Apalagi, kata Kepala Dishub Sultra tersebut, saat ini rute penerbangan seperti ke Wakatobi hanya dilakukan maskapai Wings Air.

Nantinya, jika terealisasi pesawat tersebut akan dikelola Pemprov Sultra dengan sumber pendanaan melalui APBD.

"Jadi rencana membeli pesawat baru diwacanakan, untuk Wings Air ada pesaingnya dalam melayani penerbangan domestik," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk membantu penerbangan, Pemprov Sultra sudah meminta perusahaan maskapai Garuda beroperasi melayani penerbangan ke Wakatobi dan daerah lain.

Hanya saja, pihak Garuda menolak karena kekurangan pesawat ditambah kondisi bandara di beberapa daerah yang kurang memadai untuk pesawat Garuda.

Baca juga: Atraksi Pesawat ‘Duyung’, Penerjun Payung, Jet Tempur Sukhoi Awali Makassar F8 2022 di Pantai Losari

"Jadi tergantung urgensinya, kalau penerbangan swasta seperti Wings Air tidak bisa beroperasi, maka kita memang harus menyediakan pesawat khususnya untuk rute Wakatobi sebagai daerah wisata," jelasnya.

Ia menjelaskan pembelian transportasi pesawat menyusul penutupan rute penerbangan tujuan Wakatobi oleh maskapai Wings Air.

Gubernur Ali Mazi menyampaikan wacana tersebut saat pidato pemaparan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Anggaran Sementara (PPS) APBD Perubahan Sultra 2022.

Ali Mazi mengatakan, berdasarkan hasil konsultasi dengan Dirjen Keuangan Kementerian Dalam Negeri soal rencana pembelian pesawat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved