Berita Kendari

Pedagang Keluhkan Maraknya Pasar Pinggir Jalan di Kendari Sultra, Minta Pemerintah Kota Tegas

Hadirnya pasar-pasar kecil pinggir jalan di beberapa titik Kota Kendari membuat pengunjung di lokasi pasar yang disediakan pemerintah semakin sepi.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Pedagang Keluhkan Maraknya Pasar Pinggir Jalan di Kendari Sultra, Minta Pemerintah Kota Tegas 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Seorang pedagang, Hasma, di Pasar Lapulu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluhkan maraknya pasar-pasar kecil di pinggir jalan.

Hadirnya pasar-pasar kecil pinggir jalan di beberapa titik Kota Kendari membuat pengunjung di lokasi pasar yang disediakan pemerintah semakin sepi.

"Karena kita yang di pasar begini tidak banyak pembeli, lari ke sana semua karena tidak bayar parkir, kalau di sini pengunjung bayar parkir," kata Hasma, Minggu (18/9/2022).

Akibatnya, tak sedikit pedagang tidak lagi berjualan dan mengisi los di Pasar Lapulu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Untuk apa dibangunkan gedung pasar bagus-bagus kalau tidak ada yang mau datang. Akhirnya para pedagang banyak juga yang malas jualan di sini, lihat itu banyak los yang kosong, karena rugi," bebernya.

Baca juga: Tanggapan Sulkarnain Kadir Soal Masa Jabatannya Sebagai Wali Kota Kendari Bakal Segera Berakhir

Tentunya, kondisi tersebut mempengaruhi pendapatan mereka. Hasma mengaku sebelumnya, ia bisa mendapatkan Rp1 juta dalam waktu beberapa hari.

Namun kini, sejak menjamurnya pasar-pasar kecil di pinggir jalan, Rp100 ribu per hari saja susah sekali ia dapat.

"Apalagi kebutuhan bertambah, anak-anak tambah besar. Tujuh tahun saya jualan di sini, saya dari Kendari Permai," ujarnya.

"Dulu sebelum banyak pasar-pasar kecil di pinggir jalan di sini ramai sekali. Pendapatan kami turun lebih dari 50 persen," tambahnya.

Untuk itu, ia meminta Pemerintah Kota Kendari tegas mengatur pasar-pasar kecil tersebut, agar diarahkan dan menggunakan gedung atau lokasi pasar yang telah disediakan pemerintah.

Baca juga: Sosialisasi Tilang Elektronik Mulai 22 September, Polda Sultra Gelar Car Free Day dan Lulo Bersama

"Jangan ada lagi pasar-pasar kecil begitu. Kenapa tidak tertib begini? maunya Satpol PP tegas, jangan hanya ke pedagangnya tapi ke pemilik lahan juga," ujarnya.

"Karena jika pemilik lahan tidak mengizinkan, pasti tidak akan ada yang bisa jualan di situ," jelasnya menambahkan. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved