Berita Kendari

Update Harga Cabai di Sejumlah Pasar Tradisional Kota Kendari, Menyentuh Angka Rp60 Ribu

SIMAK update harga barang kebutuhan pokok berupa cabai-cabaian di pasar tradisional merangkak naik di Kota Kendari Provinsi Sultra.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
(Muh Ridwan Kadir/TribunnewsSultra.com)
UPDATE harga barang kebutuhan pokok berupa cabai-cabaian di pasar tradisional merangkak naik di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Berikut harga barang kebutuhan pokok berupa cabai-cabaian di pasar tradisional merangkak naik di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kenaikan harga ini bersifat fluktuatif, namun cabai menjadi komoditi yang sering mengalami lonjakan.

Salah seorang pedagang di Pasar Mandong, Firda (35) mengatakan kenaikan harga ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu.

"Untuk cabai keriting dibanderol Rp50 ribu dari Rp40 ribu, kemudian cabai besar Rp60 ribu dari sebelumnya Rp40 ribu dan cabai rawit Rp60 ribu yang sebelumnya Rp40 ribu,"katanya, Jumat (16/9/2022).

Lebih lanjut katanya, untuk komoditi dengan harga stabil yakni bawang putih dibanderol Rp35 ribu sementara komoditi yang mengalami penurunan harga yakni bawang merah yaitu Rp40 ribu dari Rp60 ribu.

Baca juga: Update Harga Emas September 2022, 1 Gram Antam, Galeri 24, UBS di Kendari Mulai Rp919 Ribu

Firda menuturkan barang komoditi yang ia jual ini diambilnya dari Raha dan juga Makassar (Sulawesi Selatan).

Sementara itu, salah seorang pedagang di Pasar Korem bernama Johra (52) mengatakan kenaikan harga sembako terjadi sejak sebulan lalu.

"Cabai keriting saya jual saat ini Rp50 ribu dari harga sebelumnya Rp40 ribu, cabai besar Rp50 ribu dari Rp40 ribu, cabai rawit Rp50 ribu dari Rp40 ribu,"katanya.

Johra mengatakan untuk komoditi bawang putih berada di harga normal atau stabil yaitu Rp40 ribu sedangkan bawang merah malah mengalami penurunan Rp40 ribu dari Rp80 ribu.

"Semua barang yang saya ambil ini ada yang dari lokal dan ada juga dari Sulsel yaitu di Bantaeng,"pungkasnya.

Selain itu, salah seorang pedagang telur ayam bernama Adi (35) mengatakan terkait dengan harganya saat ini alami penurunan sejak tiga pekan lalu.

Baca juga: TERBARU Daftar Harga Ikan di Pasar Pelelangan Sodoha Kendari Kamis 15 September 2022

Katanya terdapat tiga ukuran telur ayam (per rak) yang ia jual yaitu ukuran kecil saat ini dibanderol Rp55 ribu dari Rp60 ribu.

"Harga telur ayam dengan ukuran sedang saya jual saat ini Rp58 ribu dari sebelumnya Rp65 ribu dan ukuran besar Rp63 ribu dari Rp70 ribu,"ucapnya.

Lanjut Adi, semua telur yang ia jual diambil dari Sidrap Sulsel, dengan sekali pengambilan hingga 500 rak. Saat ini tersisa persediaan yaitu 20 rak.

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved