Wakatobi Tanpa Pesawat

Pemprov Sultra Mau Beli Pesawat untuk Penerbangan Sulawesi Tenggara, Gubernur Pastikan Rute Wakatobi

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara atau Pemprov Sultra mewacanakan membeli pesawat untuk melayani rute penerbangan antardaerah.

Penulis: Laode Ari | Editor: Aqsa
Laode Ari/ TribunnewsSultra.com
Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyebut Pemerintah Provinsi atau Pemprov Sultra mewacanakan membeli pesawat untuk melayani rute penerbangan antardaerah di Provinsi Sultra. Pemprov bersama pemerintah kabupaten (pemkab) juga tetap mengupayakan agar penerbangan rute Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sultra, kembali terbuka dalam waktu dekat ini. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara atau Pemprov Sultra mewacanakan membeli pesawat untuk melayani rute penerbangan antardaerah.

Pemprov bersama pemerintah kabupaten (pemkab) juga tetap mengupayakan agar penerbangan rute Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sultra, kembali terbuka dalam waktu dekat ini.

Rencana tersebut menyusul penutupan rute penerbangan Kendari-Wakatobi dan sebaliknya oleh maskapai penerbangan Wings Air belum lama ini.

Wacana pembelian pesawat itu disampaikan Gubernur Sultra Ali Mazi saat pidato pemaparan Kebijakan Umum Anggaran dan Kebijakan Plafon Anggaran Sementara atau KUA PPAS APBD Perubahan 2022.

Menurutnya, rencana pembelian pesawat tersebut dari hasil konsultasi dengan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Keuda Kemendagri).

Baca juga: Pemprov Sultra Masih Hitung-hitungan Dana Subsidi Operasional Penerbangan Wings Air Rute Wakatobi

“Dari konsultasi dengan pihak kementerian ada rencana membeli pesawat,” kata Gubernur Ali Mazi.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi atau BKPRS, katanya, ada harga pesawat senilai Rp1 miliar.

“Ini baru wacana, tapi kementerian dalam negeri mendukung langkah ini, karena melihat banyak pulau-pulau di Sulawesi yang agak sulit ditempuh maskapai komersial,” jelasnya.

Terkait wacana pembelian pesawat itu, Gubernur Ali Mazi akan melakukan rapat lanjutan bersama gubernur dan DPRD di enam provinsi se-Sulawesi untuk penganggarannya.

Penerbangan Wakatobi

Selain itu, Gubernur Sultra Ali Mazi, mengatakan, pemprov bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi masih mengupayakan agar rute penerbangan Kendari-Wakatobi kembali dibuka.

“Karena dengan terputusnya penerbangan berdampak pada kunjungan pariwisata dan investor,” ujarnya.

Senada juga disampaikan Kepala Dinas atau Kadis Pariwisata Sultra, Belli Harli Tombili, Selasa (13/9/2022).

Menurutnya, terhentinya rute penerbangan dari dan ke Wakatobi sangat merugikan daerah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved