Berita Sulawesi Tenggara

Beredar Nama-nama Calon Pj Wali Kota Kendari Usulan DPRD, Pemprov Sultra hingga Kemendagri

Beredar nama-nama calon yang bakal diusung untuk menjadi Penjabat atau Pj Wali Kota Kendari di media jejaring dan grup WhatsApp.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
handover
Beredar Nama-nama Calon Pj Wali Kota Kendari Usulan DPRD, Pemprov Sultra hingga Kemendagri 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Beredar nama-nama calon yang bakal diusung untuk menjadi Penjabat atau Pj Wali Kota Kendari di media jejaring dan grup WhatsApp.

Berdasarkan informasi yang diperoleh ada sembilan nama calon Pj Wali Kota Kendari yang dikabarkan sudah diusulkan di Tim Penilai Akhir (TPA).

Nama tersebut terdiri dari masing-masing tiga usulan DPRD Kota Kendari, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) hingga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sejumlah nama tersebut yakni usulan DPRD Kota Kendari, Nadhira Seha Nur, Asmawa Tosepu, dan Nahwa Umar.

Selain itu, ada tiga nama yang dari usulan Pemprov Sultra yaitu Karo Kesra Setda Sultra, Yusmin. Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah, dan Asmawa Tosepu.

Baca juga: Pemulihan Ekonomi dan Penyaluran Bantuan Masyarakat Jadi Fokus Pemkot Kendari di APBD Perubahan 2022

Sementara, tiga nama yang menjadi usulan oleh Kemendagri sama dengan yang diajukan DPRD Kota Kendari.

Soal usulan nama-nama yang beredar, Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Muliadi, mengatakan, pihaknya belum melakukan pengusulan ke Kemendagri.

Untuk itu, dirinya membantah jika dari sembilan calon Pj Wali Kota Kendari, tiga di antaranya usulan Pemprov Sultra.

"Kami sampai hari ini belum ke Jakarta terkait pengusulan, kami masih menunggu petunjuk pimpinan terkait nama-nama yang akan diusulkan," kata Muliadi melalui pesan WhatsApp, Rabu (14/9/2022).

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan menuturkan, tiga nama yang diusulkan dewan sudah diserahkan ke Kemendagri.

Baca juga: Tanggapan PLN UP3 Kendari Sulawesi Tenggara Soal Wacana Pemerintah Menghapus Daya Listrik 450 VA

"Kami harapkan tiga nama yang kita sudah disepakati bisa diakomodir atau dipertimbangkan Kemendagri salah satu menjadi Pj Wali Kota Kendari," ujarnya.

Subhan menjelaskan, ketiga nama yang disepakati langsung diusulkan ke Kemendagri sebelum batas waktu pengusulan pada 16 September 2022.

Menurutnya, pengusulan nama calon Pj Wali Kota Kendari berdasarkan surat permintaan dari Kemendagri menjawab keinginnan publik soal calon penjabat pengganti, Sulkarnain Kadir.

Ia mengatakan, meski tidak ada petunjuk teknis mekanisme pengusulan nama Pj Wali Kota Kendari, tetapi dewan memilih tiga nama dengan mekanisme rapat bersama tujuh Fraksi DPRD Kota Kendari.

"Jadi ada enam nama yang diusulkan oleh seluruh Fraksi DPRD, tapi dari hasil voting tiga nama yang terpilih yaitu Asmawa Tosepu, Nahwa Umar, dan Nadhira Seha Nur," tutur Politisi PKS tersebut. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved