IAIN Kendari

125 Mahasiswa IAIN Kendari Bakal Terima Beasiswa KIP Kuliah, Ini Pesan Rektor ke Calon Penerima

Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Kendari mengadakan tes wawancara bagi 289 mahasiswa calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2022.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
IAIN Kendari
Rektor IAIN Kendari, Prof Dr Faizah Binti Awad mengungkapkan KIP Kuliah merupakan implementasi dari UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang telah mengamanatkan kepada pemerintah. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Kendari mengadakan tes wawancara bagi 289 mahasiswa calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Tahun 2022.

Wakil Rektor III, Dr H Herman mengatakan jumlah pendaftar beasiswa KIP Kuliah pada tahun ini mencapai 548 orang, tapi yang lolos seleksi administrasi dan berhak ikut tes wawancara hanya 289 orang.

“Dari jumlah total tersebut, IAIN Kendari akan menerima sebanyak 125 mahasiswa penerima KIP Kuliah tahun 2022 sesuai dengan kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat," katanya pada Rabu (14/9/2022).

Herman melanjutkan, jumlah tersebut bertambah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 116 kuota.

Menurutnya, proses seleksi administrasi dan wawancara dilakukan untuk memastikan mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa KIP Kuliah telah memenuhi syarat.

Baca juga: 116 Mahasiswa IAIN Kendari Penerima Beasiswa KIP Kuliah Ikuti Workshop Peningkatan Kompetensi IT

Syarat ini sesuai dengan tertera dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 6742 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Program KIP pada PTKIN Tahun 2022.

Rektor IAIN Kendari, Prof Dr Faizah Binti Awad mengungkapkan KIP Kuliah merupakan implementasi dari UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang telah mengamanatkan kepada pemerintah.

Hal ini guna mewujudkan keterjangkauan dan pemerataan berkeadilan memperoleh pendidikan tinggi bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat bagi kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan.

Ia menambahkan pemerintah berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi serta menyiapkan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

"Bagi yang lolos seleksi nantinya diharapkan untuk menjadi penerima KIP Kuliah sebagaimana dipersyaratkan," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa IAIN Kendari Penerima KIP Kuliah Berbagi ke Panti Asuhan, Tingkatkan Kepedulian Sosial

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved