Berita Baubau

Cara Jangkau Layanan Kesehatan di Baubau Lewat Spekta, Masyarakat Bisa Sampaikan Keluhan dan Masukan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus memaksimalkan dan memudahkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau dr Lukman, saat memperlihatkan cara pemakaian aplikasi Sistem Pengaduan Kesehatan Masyarakat (Spekta), Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus memaksimalkan dan memudahkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan aplikasi yang disebut Spekta atau Sistem Pengaduan Kesehatan Masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, dr Lukman menjelaskan, aplikasi Spekta dihadirkan memudahkan masyarakat dalam menjangkau layanan di 17 Puskesmas di Kota Baubau, Provinsi Sultra.

Aplikasi ini juga, kata dia, untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan masukan ataupun keluhannya terkait layanan yang diterima baik dari Dinkes ataupun dari Puskesmas.

"Jika keluhannya tidak bisa disampaikan langsung ataupun kotak saran di Puskesmas. Kita mendekatkan dengan meluncurkan program Spekta ini," jelasnya kepada TribunnewsSultra.com, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Warga Diminta Laporkan ke Dinas Kesehatan Kendari Bila Menemukan Kasus Hepatitis

dr Lukman menuturkan, untuk dapat menggapai aplikasi Spekta tidak harus didownload melalui Play Store, tetapi pihaknya telah menyediakan link ataupun barcode untuk dapat masuk ke chat form.

"Aplikasi ini tidak membutuhkan ruang yang besar di telepon genggam kita, tapi kita bisa tinggal klik linknya atau barcode dan kemudian mengikuti petunjuk selanjutnya," terangnya.

Kata dia, admin dari aplikasi Spekta akan selalu memantau setiap 3-4 jam untuk direspons dan juga melanjutkan aduan tersebut kepada Puskesmas terdekat dari masyarakat yang memasukan aduan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau ini menambahkan pihaknya juga akan merahiasakan identitas yang melakukan aduan.

"Kita berharap Puskesmas kita sebagai pemberi layanan langsung kepada masyarakat, bisa langsung merespons masukan-masukan melalui Spekta," kata mantan Direktur RSUD Kota Baubau ini.

Baca juga: Dinas Kesehatan Kota Kendari Berbagi Tips Memilih Pangan Aman, Bermutu dan Bergizi

"Spekta tidak mebutuhkan waktu lama, Anda bisa jadi orang spektakuler dan memberikan masukan kepada kami untuk memperbaiki layanan kesehatan di kota kita, sehat kota kita, tanpa sekat layanan," tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, untuk masuk dalam aplikasi Spekta atau Sistem Pengaduan Kesehatan Masyarakat, dapat mengklik link berikut: https://chat-forms.com/forms/1662723305187-9qg/?form. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved