Berita Sulawesi Tenggara

Ini Penjelasan Pemprov Sulawesi Tenggara Soal Pembangunan Tower Bank Sultra yang Diduga Mangkrak

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul menanggapi isu pembangunan Tower Bank Sultra yang diduga mangkrak.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra), Pahri Yamsul menanggapi isu pembangunan Tower Bank Sultra yang diduga mangkrak. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra), Pahri Yamsul menanggapi isu pembangunan Tower Bank Sultra yang diduga mangkrak.

Pahri Yamsul mengatakan, pembangunan gedung Tower Bank Sultra di Jalan Malik Raya No 14, Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari sudah selesai dibangun sejak tahun 2019.

Kemudian pengelolaan gedung diberikan kepada Bank Sultra, sementara Dinas Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra hanya bertanggung jawab pada perawatan konstruksinya.

"Jadi sejak tahun 2019 sudah selesai. Kalau untuk penggunaannya bergantung pihak Bank Sultra mau digunakan kapan saja," jelas Pahri Yamsul, Jumat (9/9/2022).

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra mengatakan soal isu bangunan gedung yang diduga mangkrak karena tak digunakan dinilai salah.

Baca juga: Perampungan Tower Bank Sultra Masih Butuh Tambahan Anggaran Rp50 Miliar

Karena diberikan ke Bank Sultra pada 2019, dan 2020 pendemi Covid-19 mulai melanda sehingga banyak pelayanan dan aktivitas masyarakat dilakukan di rumah (WFH).

"Jadi semua aktivitas diberlakukan di rumah tapi kami sudah memberikan pertimbangan kepada pihak manajemen untuk bisa menggunakan 2022 ini," ujarnya.

Selain itu, Pahri Yamsul menjelaskan, pembangunan Tower Bank Sultra menggunakan dana Bank Sultra bukan dianggarkan melalui APBD.

Sehingga, adanya anggapan pembangunan gedung yang tak kunjung digunakan karena menghabiskan anggaran daerah keliru.

"Jadi pembangunan Tower Bank Sultra sejak 2017 atas permintaan Gubernur Sultra, dan menggunakan dana Bank Sultra bukan APBD apalagi APBN," ucapnya.

Baca juga: Pembangunan Tower Bank Sultra Diduga Mangkrak, Ditumbuhi Rumput, Noda Hitam Mulai Muncul di Dinding

Pahri Yamsul menambahkan, masih ada sejumlah pengerjaan di gedung tersebut seperti interior landscaping hingga pagar, tetapi pengerjaan bukan lagi ditangani Bank Sultra.

"Lantai satu gedung tersebut juga sudah mulai digunakan untuk layanan administrasi termasuk kalau ada rapat, hanya kalau untuk penyimpanan uang belum digunakan," tutur Pahri Yamsul. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved