Berita Baubau

Jalin Mitra dengan Pemerintah, UMKM di Baubau Wajib Punya Nomor Induk Berusaha

Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menjadikan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai salah satu syarat bagi UMKM bermitra.

Handover
Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, menyebut kearifan lokal satu dari empat pilar pembangunan di Baubau 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menjadikan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai salah satu syarat bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) untuk bermitra dengan pemerintah, Rabu (7/9/2022).

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan, hal ini terutama di dalam program pemberdayaan dan pengembangan bagi para pelaku UMKM.

Ia menjelaskan, memiliki NIB sangat bermanfaat dalam membangun sebuah usaha, dan adanya NIB saat ini perlu untuk terus disosialisasikan.

"Karena ini sangat bermanfaat dalam membangun usaha, dan hari ini tidak sedikit para ibu-ibu yang mencoba untuk membangun Usaha Mikro,” ujarnya.

Petinggi PDIP di Baubau ini menuturkan, kedepannya program-program pemerintah akan lebih mengarah pada kelompok-kelompok usaha yang sudah memiliki NIB.

Baca juga: Kunjungi Tenant UMKM AKI di Kendari, Sandiaga Uno Beli Kampurui Buteng, Kain Tenun Dikenakan Jokowi

Selain itu, juga telah mendapatkan pembinaan dan diperkuat, baik itu oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Bank Negara Indonesia (BNI), maupun Bank lainnya.

”Kalau kita ingin bermitra dan jalan bersama dalam program-program pemberdayaan, maka kami akan selalu mempertanyakan apakah yang bersangkutan sudah mempunyai NIB," terangnya.

"Karena Pemerintah Kota Baubau akan menjadikan itu sebagai salah satu syarat bagi UMKM, untuk bekerja sama dan bermitra dengan pemerintah,” lanjut orang nomor satu di Baubau ini.

Kata dia, selain menjadi salah satu syarat untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam program pemberdayaan.

NIB juga akan memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk mengakses dan meningkatkan permodalannya melalui dunia Perbankan, baik melalu BNI, BRI, maupun Bank lainya.

Sebab, saat para pelaku usaha ingin mengembangkan usaha dan meningkatkan kapasitas usahanya, mungkin saja akan melakukan pinjaman.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Moninase saat ditemui usai Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Lapangan Lembah Hijau Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (17/8/2022).
Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Moninase saat ditemui usai Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Lapangan Lembah Hijau Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (17/8/2022). (La Ode Muh Abiddin)

"Bank pun nanti akan menjadikan Nomor Induk Berusaha ini sebagai salah satu persyaratan. Begitu juga dalam mengurus Izin Usaha, atau meningkatkan Izin Usahanya di DPMPTSP," kata Monianse. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved