Penembakan Polisi

Putri Candrawathi Ngotot Dilecehkan Brigadir J, Pakar: Biar Hukuman Ringan, Seolah-olah Dia Korban

Pengakuan istri Ferdy Sambo ini diduga sebagai upaya agar hukumannya diringankan.

Editor: Ifa Nabila
Istimewa
FOTO Putri Candrawathi. Putri Candrawathi masih bersikukuh bahwa dirinya menjadi korban pelecehan seksual oleh Brigadir J. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Putri Candrawathi masih bersikukuh bahwa dirinya menjadi korban pelecehan seksual oleh Brigadir J.

Pengakuan istri Ferdy Sambo ini diduga sebagai upaya agar hukumannya diringankan.

Hal ini diungkapkan oleh pakar hukum Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar.

Baca juga: Putri Candrawathi Dituduh Selingkuh dengan Kuat Maruf, Begini Kata Kabareskrim

Dengan adanya dugaan pelecehan seksual, Putri seolah-olah menjadi korban dalam peristiwa rangkaian pembunuhan Brigadir J.

"Menurut saya ini upaya meringankan diri seolah-olah menjadi korban, seolah-olah begitu," kata Abdul saat dihubungi melalui telepon, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, dan ART Bernama Susi Bakal Dites Lie Detector, Begini Cara Kerjanya

Akan tetapi, Abdul menilai upaya tersebut bisa jadi sia-sia karena pengakuan Putri saja tidak bisa dikuatkan dengan saksi ataupun alat bukti lain.

Bisa jadi juga, lanjutnya, pengakuan Putri tidak akan menjadi fakta hukum yang akan meringankan hukuman pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Putri dan suaminya, Irjen Ferdy Sambo.

"Kalau kita melihat dari perspektif hukum itu bukan apa-apa, enggak bisa dilihat sebagai fakta hukum yang bisa meringankan," papar dia.

Menurut Abdul, yang terpenting saat ini adalah membuktikan kebenaran dugaan kekerasan seksual yang disebut-sebut Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komnas Perempuan.

Sebab, lanjutnya, sulit membuktikan adanya dugaan kekerasan seksual jika terlapor atau pelaku sudah tidak ada, sedangkan keterangan hanya dilontarkan dari satu pihak saja.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved