Berita Baubau

4 Wanita di Baubau Sultra Ditangkap Polisi Gegara Curi Alat Musik Gamelan Senilai Puluhan Juta

Sebanyak empat orang ibu rumah tangga di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) ditangkap polisi.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Sebanyak empat orang ibu rumah tangga di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) ditangkap polisi. Keempat wanita berinisial WW (41), WN (43), WR (45), dan WI (38) diamankan aparat Kepolisian Resor atau Polres Baubau, pada Jumat (2/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Sebanyak empat orang ibu rumah tangga di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) ditangkap polisi.

Keempat wanita berinisial WW (41), WN (43), WR (45), dan WI (38) diamankan aparat Kepolisian Resor atau Polres Baubau, pada Jumat (2/9/2022).

Warga Kecamatan Betoambari ini ditangkap Tim Buser 78 Satreskrim Polres Baubau dan Opsnal Polsek Bungi, setelah mencuri alat musik gamelan senilai puluhan juta rupiah.

Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo mengatakan, pencurian alat musik gamelan terjadi di Wantilan Pura Kelurahan Ngkaring-Karing, Kecamatan Bungi pada Rabu, 31 Agustus 2022.

"Korban awalnya mau ke tempat kejadian untuk latihan, setelah tiba korban melihat alat musik gamelan sudah tidak ada atau hilang," jelasnya saat ditemui, Sabtu (3/9/2022).

Baca juga: Polresta Kendari Latihan Pengamanan Pengendalian Massa, Simulasi Situasi Demonstrasi Bentrok

AKBP Erwin Pratomo menjelaskan, para pelaku ini melancarkan aksi pencurian dengan cara mencungkil jendela tempat penyimpanan alat musik gamelan.

Di antaranya, instrument reong sebanyak 11 buah, ceng-ceng sebanyak 16 buah, tawe-tawe sebanyak 1 buah dan bende sebanyak 1 buah.

"Organisasi Sanggar Seni Saraswati mengalami kerugian senilai Rp50 juta akibat kejadian tersebut," kata AKBP Erwin Pratomo.

"Empat pelaku ini bekerja sebagai pemulung. Kami juga menduga mereka ini modusnya dengan cara mulung," lanjutnya menambahkan.

Selain mengamankan para pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti di Mako Polres Baubau guna proses hukum lebih lanjut.

Baca juga: Berkas Perkara Dugaan Pelecehan Mahasiswi UHO Kendari Bakal Dilimpahkan ke Kejaksaan Pekan Depan

Kata dia, terhadap tersangka diduga melanggar Pasal 363 subs 362 KUHP, dengan ancaman 5 tahun penjara. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved