Berita Baubau

Cara Antisipasi Antrean Kendaraan Pengisian Solar di SPBU Ala Satlantas Polres dan Dishub Baubau

Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Baubau melakukan rapat koordinasi dengan lembaga terkait pada Rabu (31/8/2022).

Istimewa
Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Baubau melakukan rapat koordinasi dengan lembaga terkait pada Rabu (31/8/2022). Agenda rapat koordinasi di Kantor Dinas Perhubungan Kota Baubau tersebut membahas pengaturan antrean kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Baubau melakukan rapat koordinasi dengan lembaga terkait pada Rabu (31/8/2022).

Agenda rapat koordinasi di Kantor Dinas Perhubungan Kota Baubau tersebut membahas pengaturan antrean kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Hadir dalam rapat koordinasi Kepala Dinas Perhubungan, Jajaran Satlantas Polres, Waka Satpol PP, Sales Branch Manager Rayon VIII Pertamina dan Manager SPBU se-Kota Baubau.

IPTU Jajat Sudrajat mengatakan rapat koordinasi ini untuk mencari solusi dan mengantisipasi antrean kendaraan di SPBU.

Ia menyebutkan, dalam kajian pengelolaan dampak lalu lintas jumlah konsumen di luar perhitungan normal dan memiliki dampak.

Baca juga: Polresta Kendari Gelar Latihan Pengamanan Unjuk Rasa Antisipasi Demo Penolakan Kenaikan Harga BBM

"Iya antrean di badan jalan harus dihindari, karena dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas serta mengurangi fungsi kapasitas jalan yang bisa berakibat kecelakaan lalu lintas," terangnya.

Hasil rapat koordinasi tersebut, pihak SPBU akan meningkatkan pelayanan dan membuat inovasi untuk kelancaran distribusi BBM jenis Solar.

Kemudian, Satlantas Polres bersama Dinas Perhubungan Kota Baubau akan melakukan rekayasa lalu lintas pengaturan antrean pengisian BBM jenis Solar.

"Pertamina akan mendistribusikan dan menyalurkan BBM jenis Solar secara serentak di SPBU agar dalam pengisian kendaraan bisa tersebar di semua SPBU," ucap Jajat.

Ia mengimbau, ketika masih terjadi antrean di tepi jalan, agar memasang alat keselamatan berupa rambu sementara dan traffic cone yang ditempatkan pada antrean paling belakang.

Baca juga: Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Ricuh di DPRD Sultra Massa HMI Kendari Kesal Tak Ditemui Anggota Dewan

IPTU Jajat Sudrajat menambahkan, melalui rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi sinergitas dalam mengatur antrean BBM di SPBU.

"Saat ini dan ke depannya, antrean tidak berdampak pada keselamatan berlalu lintas dan tidak mengganggu masyarakat yang punya usaha di sekitar SPBU," harapnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved