Berita Kendari

KPU Sosialisasi Pemilu dan Pilkada Sasar Generasi Milenial Siswa SMA se Kota Kendari

KPU Kota Kendari menggelar sosialisasi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, menyasar kepada generasi milenial di sejumlah SMAN di Kota Kendari.

Penulis: Laode Ari | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
KOLASE FOTO - Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh bersama saat memberikan sosialisasi Pemilu dan Pilkada ke Siswa di SMAN 1 Kendari, Selasa (30/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - KPU Kota Kendari menggelar sosialisasi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Sosialisasi ini menyasar kepada generasi milenial di sejumlah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Kendari.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan, kegiatan sosialisasi berlangsung sejak Senin (29/8/2022) hingga awal September 2022.

Baca juga: KPU Sulawesi Tenggara Catat 141.556 Nama Anggota Partai Politik Hasil Verifikasi Administrasi

"Senin kemarin di SMAN 4 Kendari, hari ini di SMAN 1 Kendari, dan besok rencananya di SMAN 2 Kendari, dan selanjutnya sekolah lainnya," kata Jumwal Shaleh, Selasa (30/8/2022).

Dia menuturkan sosialisasi diberikan pada siswa-siswi saat upacara atau apel pagi sehingga diikuti seluruh siswa dan tidak mengganggu waktu pelajaran.

Narasumber yang memberikan materi sosialisasi adalah komisioner KPU Kota Kendari secara bergantian.

Misalnya di SMAN 4 Kendari yang tampil adalah Ketua KPU, Jumwal Shaleh, di SMAN 1 Kendari.

Baca juga: KPU Konawe Selesaikan Verifikasi Administrasi Pengurus Partai Politik Lebih Cepat dari Tenggat Waktu

Kordiv Teknis, Alasman Mpesau, dan seterusnya, Kordiv Parmas Asril, Kordiv Rendatin La Ndolili serta Kordiv Hukum dan Pengawasan untuk di sekolah selanjutnya.

Jumwal Shaleh menjelaskan materi sosialisasi yang disampaikan meliputi jadwal dan tahapan Pemilu dan Pilkada serentak 2024, dan jenis surat suara yang akan dicoblos pada saat Pemilu dan Pilkada.

"Melalui kegiatan ini diharapkan kepada para siswa sudah mengetahui hari H Pemilu dan Pilkada, serta surat suara yang akan dicoblos."

Misalnya pada Pemilu yg hari H-nya jatuh pada 14 Februari 2024 ada lima surat suara yang dicoblos, sedangkan Pilkada yang hari H-nya jatuh pada 27 November 2024 ada surat suara yang akan dicoblos," jelasnya.

Disebutkan, lima surat suara yang akan dicoblos pada saat Pemilu adalah surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Kendari.

Baca juga: Antisipasi Musibah Kebakaran, KPU Baubau Gandeng Dinas Pemadam Kebakaran Gelar Simulasi

Sedangkan surat suara yang akan dicoblos pada saat Pilkada adalah surat suara pemilihan walikota dan wakil walikota, serta surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Materi lain yang diberikan adalah syarat menjadi pemilih, karena para siswa SMA saat ini adalah masuk kategori pada pemilih pemula.

"Pada pemilu 2024 nanti jumlah pemilih pemula yang umumnya generasi milenial kami prediksi akan meningkat, bisa mencapai sekitar 40 persen dari total jumlah DPT," ujarnya.

Baca juga: Tiga Partai Politik Belum Lolos Verifikasi, KPU Konawe Utara Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022

Komisioner KPU Kota Kendari juga mengajak para pemilih milenial untuk menjadi aktor pemilih rasional dan menolak politik uang uang.

"Gunakan hak pilih berdasarkan hati nurani dan melihat track record calon, bukan karena ada apanya. Karena memilih karena money politik adalah racun demokrasi," ujarnya

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Komisioner KPU Kota Kendari memberikan game kepada para siswa, dan jika ada siswa yang mampu menjawab soal yang diberikan maka diberikan bingkisan atau hadiah. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved