Berita Kendari

110 Peserta dari 10 Provinsi Ikut Kompetisi Keterampilan Instruktur Pelatihan Kerja di Kendari

IKKN VIII Regional Wilayah Timur telah resmi dibuka di Kota Kendari, Senin (29/8/2022). Diikuti sebanyak 110 peserta dari 10 provinsi.

Penulis: Laode Ari | Editor: Muhammad Israjab
Laode Ari
Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (tengah) saat membuka kompetisi keterampilan instruktur nasional regional wilayah Timur yang di ikuti 110 peserta dari 10 provinsi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Kompetensi Keterampilan Instruktur Nasional atau IKKN VIII Regional Wilayah Timur telah resmi dibuka di Kota Kendari, Senin (29/8/2022).

Kompetisi instruktur pelatihan kerja ini diikuti sebanyak 110 peserta dari 10 provinsi yang berlangsung dari 29 agustus -2 September 2022.

Pembukaan IKKN VIII Regional wilayah Timur dibuka langsung Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, bertempat di Hotel Claro Kendari.

Baca juga: Persani Hadir di Sulawesi Tenggara, Wadah Baru yang Bakal Lahirkan Atlit Senam Gymnastics

Selain itu pembukaan kompetisi instruktur ini juga diikuti Dirjen Pembinaan pelatihan, vokasi, dan produktifitas Kementrian Ketenagakerjaan, Budi Hartawan.

Budiman mengatakan, kompetisi instruktur ini merupakan agenda dua tahun Kementerian Ketenagakerjaan untuk mencari instruktur pelatihan kerja yang berkompenten.

"Dari kompetisi para istruktir ini nanti akan melahirkan istruktur yang sangat kompeten, dan bisa membantu pelatihan kerja di lingkungan atau masyarakat," ucapnya.

Budiman menjelaskan, kompetensi instruktur ini dilaksanakan di masing-masing wilayah regional kementerian Ketenagakerjaan se Indonesia.

Untuk wilayah indonesia Timur Kota Kendari menjadi Tuan rumah pelaksaan Kompetisi.

Baca juga: Suasana Pantai Toronipa di Konawe Sulawesi Tenggara Saat Akhir Pekan, Ramai Wisatawan dari Kendari

Peserta 110 orang terdiri para instruktur pelatihan kerja yang ada 10 daerah yaitu, Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Para peserta akan diuji kompetensi instruktur di 12 kejuruan pelatihan kerja yang diselenggaran di BLK Kendari dan Hotel Claro.

"Dari kompetisi ini peserta yang juara akan diikutkan di final kompetisi instruktur nasional di Padang pada 2 Oktober 2022," ujarnya.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, menuturkan, melalui kompetisi KKIN VIII Regional Wilayah Timur bisa menciptakan para instruktur yang kompeten dengan memiliki keterampilan kerja yang baik.

Baca juga: DPRD Kendari Tinjau Lokasi Jalan Umum di BTN Baruga Nusantara, Rajab Jinik Sebut Tak Sesuai Laporan

Menurutnya, dengan adanya intruktur yang memiliki keterampilan kerja yang baik dapat membantu memberikan pelatihan kerja di masyarakat sehingga mengurangi angka pengangguran.

"Karena anggka penganguran di Sulawesi Tenggara masih cukup tinggi, sehingga melalui instruktur pelatihan kerja yang kompeten dapat mengantusipasi jumlah angka keterampilan kerja di masyarakat," jelasnya.

Lukman menambahkan, hal tersebut juga selaras dengan program sultra produktif sehingga melalui pelatihan kerja yang rutin masyarakat mendapat lapangan kerja dengan kerempilan yang dimiliki.

"Jadi output dari kegiatan semacam ini bisa mengurangi angka pengangguran, membantu program pemerintah dan mempercepat pembangunan," ujarnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved