Berita Baubau

Loka POM Terbitkan Izin Edar 16 Produk Pangan Olahan di Baubau Sulawesi Tenggara

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melalui Loka POM Baubau telah menerbitkan 16 Nomor Izin Edar (NIE) produk pangan olahan.

Tribunnewssultra.com/La Ode Muh Abiddin
Kepala Loka POM Baubau Ryan Peri Kusuma (kanan). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melalui Loka POM Baubau telah menerbitkan Nomor Izin Edar (NIE) 16 produk pangan olahan.

Loka POM Baubau melakukan penerbitan 16 NIE ini sejak bulan Januari hingga Agustus 2022 tersebar di empat wilayah kerjanya.

"Terbitnya NIE ini merupakan bagian dari keberhasilan kami dan keberhasilan pelaku usaha adalah bagian dari kebanggaan kami,” kata Kepala Loka POM Baubau, Ryan Peri Kusuma, Senin (29/8/2022).

Ia menyebutkan, NIE yang diterbitkan tersebut yaitu di Kabupaten Buton tujuh izin edar, Baubau empat izin edar, Kabupaten Buton Tengah empat izin edar, dan Kabupaten Buton Selatan satu izin edar.

Kepala Loka POM Baubau ini menjelaskan, izin edar merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap produk pangan olahan yang beredar di Indonesia.

Baca juga: 49 Ribu Produk Tidak Memenuhi Ketentuan Dimusnahkan Loka POM Baubau Sultra, Pangan Mendominasi

Hal ini tertuang dalam Peraturan Kepala Badan POM No 27 Tahun 2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan.

Regulasi ini menjelaskan setiap pangan olahan baik yang diproduksi di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran wajib memiliki izin edar.

Ia menjelaskan bagi industri usaha pangan yang masa kedaluwarsanya di atas tujuh hari wajib mengantongi izin edar dari BPOM.

Sementara untuk industri rumah tangga pangan di bawah tujuh hari pendaftaran nomor registrasinya lewat Dinas Kesehatan.

"Kami akan terus mendukung pelaku usaha pangan meningkatkan produksi menjadi skala industri dan mengantongi nomor izin edar sebagai legalitas dan amanah undang-undang, jika diindahkan maka ada konsekuensi hukum," terangnya.

Baca juga: Fortifikasi Minyak Goreng, Garam, Terigu Jadi Solusi Cegah Stunting, BPOM Kendari Awasi Mutu Produk

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved