Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia-Ukraina Hari 186: Sekitar PLTN Zaporizhzhia Ditembaki, Warga Takut Kena Radiasi

Kondisi terkni perang Minggu (28/8/2022): Rusia dan Ukraina saling tuduh soal penembakan di PLTN Zaporizhzhia, kekhawatiran atas radiasi berlanjut.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
Layanan Darurat Negara Ukraina/Reuters via The Guardian
Foto seorang pekerja penyelamat berjalan di antara puing-puing di daerah perumahan yang dihancurkan oleh serangan militer Rusia di Kota Toretsk, Donetsk, Ukraina pada Rabu, 27 Juli 2022. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-186 pada Minggu (28/8/2022): Moskow dan Kyiva saling tuduh soal penembakan di sekitar PLTN Zaporizhzhia, hingga masih ada kekhawatiran atas potensi radiasi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Perang antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Minggu (28/8/2022) terhitung telah berlangsung 186 hari lamanya

Kabar terbaru di antaranya adalah kekhawatiran atas radiasi di PLTN Zaporizhzhia di tengah tuduhan dari Moskow dan Kyiv tentang penembakan di dekat PLTN terbesar di Eropa tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Invasi yang juga disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' ini bertujuan untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-184: Penembakan di PLTN Zaporizhzhia Putuskan Aliran Listrik

Konflik yang terjadi di antara negara bertetangga tersebut hingga kini masih berlanjut dan belum tampak akan segera berakhir.

Menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, perang Rusia-Ukraina bisa berlangsung selama beberapa tahun.

Kabar Terkini Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunnewsSultra.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-186 perang Rusia dengan Ukraina:

- Kekhawatiran tentang potensi kebocoran radiasi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia terus berlanjut.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-183: Roket Pasukan Putin Hantam Kota Chaplyne, 22 Orang Tewas

Operator energi negara Ukraina telah memperingatkan ada "risiko kebocoran hidrogen dan percikan zat radioaktif" di PLTN yang diduduki Rusia itu.

Pihak berwenang mendistribusikan tablet yodium kepada penduduk yang tinggal di dekat PLTN Zaporizhzhia jika terjadi paparan radiasi.

- Moskow dan Kyiv saling melempar tuduhan baru atas penembakan daerah di sekitar PLTN Zaporizhzhia di Ukraina, PLTN yang terbesar di Eropa pada Sabtu (27/8/2022).

Pasukan Moskow telah "berulang kali menembaki" lokasi pabrik selama sehari terakhir, kata perusahaan nuklir negara Ukraina, Energoatom.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-182: Kyiv Waspadai Serangan Pasukan Putin di Hari Kemerdekaan

Sedangkan Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pasukan Ukraina “menembaki wilayah stasiun tiga kali” dalam sehari terakhir.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved