Berita Kendari

Mahasiswa KKN UHO Kendari Edukasi Cara Pengelolaan Cengkeh bagi Warga Desa Pusuea Bombana

Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari edukasi masyarakat Desa Pusuea di Kabupaten Bombana, cara pengelolaan cengkeh

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari edukasi masyarakat Desa Pusuea di Kabupaten Bombana Provinsi Sultra cara pengelolaan cengkeh. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Sejumlah mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari edukasi masyarakat Desa Pusuea di Kabupaten Bombana Provinsi Sultra cara pengelolaan cengkeh.

Diketahui, Desa Pusuea berada di Kecamatan Poleang utara Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Peserta KKN UHO, Abdul Hafid mengatakan melimpah ruahnya cengkeh di daerah ini jadi latar belakang mahasiswa KKN UHO 2022 mengedukasi masyarakat.

Baca juga: Pemetaan Lokasi Tambang, Mahasiswa KKN UHO Kendari Diterjunkan ke Desa Matabura Konawe

"Agar masyarakat setempat dapat memahami lebih jauh pengelolaan dan pemanfaatan hasil perkebunan cengkeh, karena di desa ini perkebunan cengkeh sangat besar," katanya, Minggu (28/8/2022).

Kata Abdul Hafid, dengan kegiatan ini harapannya masyarakat mampu membuat atau mengelola cengkeh dan memanfaatkan hasil cengkeh dengan baik.

Sambungnya, bukan hanya sekedar bunganya yang dapat di kelola tetapi daun-daunnya pun bisa menghasilkan sebuah produk.

"Cengkeh merupakan komoditas unggulan Desa Pusuea, dalam tahun tahun terakhir produksinya kurang optimal antara lain disebabkan kondisi iklim, teknik budidaya seperti pemeliharaan dan pemupukan yang tidak maksimal," terangnya.

Baca juga: Mahasiswa KKN IAIN Kendari Hasilkan 30 Produk Inovasi, Jadi Sumber Ekonomi Baru Bagi Masyarakat

"Ada kebiasaan dari teman-teman petani yang mengunjungi kebun disaat menjelang panen saja. Hak-hak tanaman untuk dirawat dan dipupuk tidak diberikan sehingga tanaman tidak memproduksi apa yang menjadi kewajibannya," jelasnya. 

Abdul Hafid mengungkapkan masyarakat pun sangat antusias saat mengikuti sosialiasi ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan para peserta.

"Cengkeh, selain bunganya, daunnya juga dapat menghasilkan minyak untuk kesehatan dengan cara penyulingan, untuk itu kami Mahasiswa KKN UHO ditantang untuk memfasilitasi penumbuhan kelompok pengolahan hasil guna memanfaatkan bantuan penyulingan minyak cengkeh yang telah diberikan oleh Dinas Kehutanan di Desa Pusuea ini," ujarnya.

"Semoga dengan hadirnya mahasiswa KKN kegiatan-kegiatan semacam ini dapat di fasilitasi pemerintah desa setempat," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved