Berita Sulawesi Tenggara

Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara Sebut Pemilik Tambang Berpotensi Membiayai Calon Kepala Daerah

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu menyebut pemilik tambang berpotensi membiayai calon kepala daerah dan partai politik.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Arman Tosepu
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra), Hamiruddin Udu. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara (Bawaslu Sultra), Hamiruddin Udu menyebut pemilik tambang berpotensi membiayai calon kepala daerah dan partai politik.

Hal ini diungkapnya seusai menghadiri Diskusi Pengawasan Partisipatif di Kantor Bawaslu Konawe, Jumat (26/8/2022).

Hamiruddin Udu mengatakan, pemilik tambang punya kepentingan untuk mengamankan usaha tambangnya melalui kebijakan-kebijakan penguasa.

"Iya ada potensi kemudian membiayai partai politik (parpol) atau calon-calon tertentu," kata Hamiruddin Udu.

Hal tersebut, kata dia, akan membuat marak politik uang saat pesta demokrasi nanti, meskipun bermain di ruang-ruang gelap atau tidak dilihat pengawas Pemilu.

Baca juga: Masyarakat Diajak Awasi Pemilu 2024 di Konawe Sulawesi Tenggara, Hindari Politik Uang dan Kecurangan

"Jadi potensi orang-orang tambang untuk kemudian mendorong menjadi donatur bagi partai politik atau calon tertentu sangat besar," tambahnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Hamiruddin Udu menjelaskan, masyarakat harus dilibatkan dalam pengawasan Pemilu ataupun Pilkada 2024.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga harus mengetahui dampak dari politik uang maupun kecurangan lainnya bagi masa depan bangsa.

"Jika ada calon tidak memiliki kompetensi, keberpihakan kepada rakyat, tapi karena dia curang berupa politik uang," jelasnya.

"Kemudian, dia terpilih di legislatif maupun eksekutif misalnya inikan kebijakannya tidak karuan nanti," ujarnya menambahkan. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved