Berita Kendari

Sosok Putri Agustina Wahid Asal Sultra Peraih Anugerah Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2022

Putri Agustina Wahid, bidan dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dianugrahi sebagai Bidan Inspiratif Untuk Negeri

Penulis: Mukhtar Kamal | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Inilah sosok Putri Agustina Wahid, Bidan dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dianugrahi sebagai Bidan Inspiratif Untuk Negeri Tahun 2022. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Inilah sosok Putri Agustina Wahid, bidan dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dianugrahi sebagai Bidan Inspiratif Untuk Negeri Tahun 2022.

Perempuan kelahiran Kota Kendari pada 17 agustus 1998 silam ini merupakan anak pasangan dari Abdul Wahid dan ibunya bernam Haidah.

Kepada tim TribunnewsSultra.com, Mahasiswi Magister Ilmu Kebidanan di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini menceritakan pengalamannya hinga dianugrahi menjadi Bidan Inspiratif 2022.

Mahasiswi alumni Poltekkes Kendari ini mengatakan sangat terharu dan sedikit tak percaya dapat meraih penghargaan Bidan Inspiratif Untuk Negeri Tahun 2022.

Baca juga: Detik-detik Anak Perempuan 3 Tahun Tewas Terjatuh di Lubang Sumur Resapan Air Rusunawa Kolaka Sultra

Terlebih, saat tahu berkompetisi dengan ribuan bidan dari berbagai daerah di Indoneia dan pengalamannya yang masih minim.

"Perasaan saya yaitu senang, bangga bisa menjadi satu-satunya perwakilan yang lolos ke seleksi pusat untuk mengikuti pelatihan di Jakarta Timur menyisihkan ribuan peserta yang mendaftar se-Indonesia," katanya pada Kamis (25/8/2022).

"Bertemu bidan dari provinsi lain dimana mereka lebih senior dari saya, bertukar pikiran dan sharing pengalaman bersama bidan lainnya, dan berkat dukungan keluarga serta doa tulus dari kedua orang tua saya lolos," tambahnya.

Putri, sapaan akrabnya mengungkapkan latar belakang dirinya sangat antusias mengikuti program ini karena niat tulus yamg ingin memerangi angka stunting di Sultra.

"Banyaknya kasus stunting di Sultra yang juga merupakan peringkat ke empat tertinggi di Indonesia,  maka dari itu saya memiliki inisiatif untuk mengikuti kompetisi ini," ungkapnya.

Baca juga: Viral Gaya Ferdy Sambo Seragam Polri hingga Bagian ini Disorot di Sidang Kode Etik Kasus Brigadir J

Kata Putri, melalui program GIZI SEPATULA (sehat, patuh, lakukan) yang Ia canangkan melalui Bidan Inspiratif Negeri tersebut diharapkannya bisa menurunkan prevalensi angka stunting di Sultra khususnya di Buton Selatan.

"Program ini memiliki tiga tujuan utama yang pertama pencegahan stunting dimulai dan dari persiapan kehamilan. Saya akan memberikan edukasi sehingga ibunya memahami gizi yang baik untuk persiapan calon janin," jelasnya.

Sambungnya, kedua, perbaikan gizi anak stunting atau anak yang bertubuh kecil atau pendek yg dapat dicegah mulai 1.000 hari kelahiran atau masa keemasan dengan cara memberikan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi anak dengan berat badan kurang atau kurang sehat.

"Dengan GIZI SEPATULA saya membuat dan mengedukasi pada ibu bayi makanan tambahan untuk bayi secara kreatif," terangnya.

Putri Agustina Wahid berujar, program ini bakal ia mulai pada September 2022 mendatang bersamaan dengan Launchingnya Bidan untuk Negeri (BUN) yang bertempat di Buton Selatan, Sultra.

Baca juga: Pembangunan Rusunawa Mahasiswa IAIN Kendari, PUPR Alokasikan Anggaran Rp13 Miliar

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved