Berita Kendari

Potensi Cuaca Ekstrem Sultra, BMKG Prediksi Curah Hujan dan Gelombang Tinggi hingga Sepekan ke Depan

Ada potensi cuaca ekstrim, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara mengidentifikasi peningkatan curah hujan.

Keli Black/ Pixabay
Ilustrasi - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dan tinggi gelombang pada Agustus 2022 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Waspada potensi cuaca ekstrim, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dan gelombang tinggi.

Potensi itu akan berlangsung dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah kota, kabupaten dan perairan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Kendari, Sugeng Widarko, mengatakan potensi cuaca ekstrim ini akan berlangsung mulai hari ini hingga 28 Agustus 2022.

Baca juga: Hujan Deras Mengguyur Kota Kendari, Stasiun Meteorologi Maritim Prediksi hingga Akhir Pekan

Kata dia, kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya gelombang equatorial type Low dan Rosby di Sulawesi tenggara.

Bersamaan dengan itu, Massa udara basah, Lapisan rendah, terkonsentrasi di wilayah Sultra sampai lapisan 700 mb mencapai 70 - 90 persen.

Index labilitas ringan sampai sedang dan pola konvektif skala lokal di wilayah Sultra.

Beserta hangatnya Suhu Muka Laut di wilayah sekitar Sultra terutama bagian Perairan Baubau, Perairan Wakatobi, Perairan Manui Kendari dan Laut Banda.

Sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan cukup tinggi di wilayah Sulawesi Tenggara.

"Berdasarkan pantauan pergerakan angin atau streamlinenya, terpantau pergerakan angin dari Timur hingga Selatan memasuki Laut Banda Timur Sulawesi, Perairan Wakatobi, Perairan Bau bau, dan Perairan Manui Kendari dengan kecepatan angin lebih 20 Knots," ujarnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Sultra Besok Jumat 26 Agustus 2022: Kendari hingga Buton Utara Waspada Hujan Petir

BMKG Provinsi Sulawesi Tenggara memprakirakan dalam beberapa hari ke depan Potensi cuaca ekstrim, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut:

Prakiraan cuaca ekstrim, 25 Agustus 2022 di wilayah :

- Kendari

- Konawe kepulauan

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved