Berita Sulawesi Tenggara

KPU Sulawesi Tenggara Catat 141.556 Nama Anggota Partai Politik Hasil Verifikasi Administrasi

Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara (KPU Sultra) menuntaskan tahapan verifikasi administrasi keanggotaan partai politik 17 kabupaten dan kota.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara (KPU Sultra) menuntaskan tahapan verifikasi administrasi keanggotaan partai politik 17 kabupaten dan kota, pada Kamis (25/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara (KPU Sultra) menuntaskan tahapan verifikasi administrasi keanggotaan partai politik 17 kabupaten dan kota.

Tahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 yang telah terdaftar di KPU RI dimulai 16-29 Agustus 2022.

KPU Sulawesi Tenggara telah merampungkan tahapan verifikasi keanggotaan partai politik pada Kamis, 25 Agustus 2022.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir mengatakan dalam verifikasi KPU merekap dokumen persyaratan keanggotaan parpol yang diterima dari KPU RI melalui Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Kata dia, verifikasi berdasarkan ketentuan Pasal 35 Ayat 1 dan 2 Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum.

Baca juga: KPU Konawe Selesaikan Verifikasi Administrasi Pengurus Partai Politik Lebih Cepat dari Tenggat Waktu

La Ode Abdul Natsir menjabarkan, verifikasi administrasi keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu meliputi daftar nama anggota partai politik.

"Berdasarkan data verifikasi keanggotaan parpol di daerah telah sesuai dengan dokumen KTA dan KTP-El atau KK yang diunggah ke dalam SIPOL," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (25/8/2022).

Kemudian adanya dugaan ganda, status pekerjaan anggota parpol yang tercantum dalam SIPOL telah memenuhi syarat sebagai anggota partai politik.

Selanjutnya, data keanggotaan parpol terkait usia dan/atau status perkawinan yang tercantum dalam SIPOL telah memenuhi syarat sebagai anggota partai politik.

Sementara NIK keanggotaan parpol, KPU menemukan sejumlah data kependudukan pengurus parpol tidak terdaftar dalam data pemilih berkelanjutan.

Baca juga: KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Rapat Koordinasi di Konawe Berlangsung Dua hari

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved